Semarakkan HUT TNI, Lanal Maumere Lakukan Aksi Donor Darah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Semarakkan HUT TNI, Lanal Maumere Lakukan Aksi Donor Darah


DONOR DARAH. Salah satu anggota TNI AL Lanal Maumere saat mendonorkan darahnya, di Mako Lanal, Senin (29/9) lalu. (FOTO: KAREL PANDU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Semarakkan HUT TNI, Lanal Maumere Lakukan Aksi Donor Darah


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Aksi kemanusiaan dengan melakukan aksi donor darah dilakukan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kegiatan yang berlangsung di Markas Komando (Mako) Lanal Maumere, Senin (29/9) lalu itu diikuti pendonor dari sejumlah instansi. Diantaranya, Basarnas, Brimob, Sat Pol PP Sikka, dan Polres Sikka. Selama rangkaian donor darah tersebut, baik pendonor maupun petugas kesehatan mengikuti standar protokoler kesehatan.

Danlanal Maumere, Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto melalui Dandenpom Mayor Laut (PM) Edy Wibowo menjelaskan, kegiatan donor darah dalam rangka menyambut HUT TNI pada 5 Oktober 2020 itu berhasil menyumbang sebanyak 70 kantong darah. Hasil donor kemudian diserahkan ke PMI Cabang Sikka.

“Donor darah hari ini dikuti oleh sejumlah instansi yang diundang, diantaranya Basarnas Maumere, Brimob, Polres Sikka, dan Satpol PP serta TNI Angkatan Udara. Hasilnya terkumpul 70 kantong darah yang kemudian kami serahkan kepada PMI Cabang Sikka,” jelas Edy.

Menurut Edy, cadangan darah di Maumere menurut PMI saat ini semakin menipis, sehingga dalam rangka HUT ke-75 TNI, TNI AL melakukan bakti sosial donor darah dengan melibatkan sejumlah instansi terkait.

Edy berharap melalui bakti sosial donor darah, masyarakat Sikka dapat menjaga solidaritas dan terus membangun sinergitas bersama TNI. “Mudah-mudahan darah yang didonor dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak sekaligus mendukung TNI dalam membangun Sikka ke depan menjadi lebih baik,” kata Edy.

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekretariat/Kepala Penerangan Lanal Maumere, Letda Laut (K) Dennys Sukarna. Dalam rangka HUT TNI ini, pihak TNI AL mengunjungi Warakawuri yakni TNI AL yang sudah pensiun. Tujuannya memberikan dukungan moril dengan memberikan bantuan berupa sembako kepada para pensiunan TNI AL di Sikka.

Gelar Weekend Kungfu Camp

Selain aksi donor darah, Lanal Maumere juga menggelar kegiatan “Sung San Sze Kungfu” Weekend Camp yang dilaksanakan Sabtu (26/9) di lapangan Mako Lanal Maumere.

Kegiatan ini diikuti seluruh prajurit Lanal Maumere dalam rangka uji kenaikan tingkat sabuk perguruan Kungfu ular emas Lanal Maumere oleh tim pelatih (Suheng), yaitu Danlanal Maumere Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto, Suheng Eko Rosalino, dan Suheng Pribadi Sulistya.

Dennys menjelaskan, uji kenaikan tingkat itu dibagi kedalam tiga fase. “Uji kenaikan tingkat ini dilakukan dalam tiga fase yang diawali dengan fase pemanasan, selanjutnya diikuti dengan ketrampilan, dan ketangkasan kungfu ular emas,” ungkap Dennys. (Kr5)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top