KPU Tetapkan Debat Paslon Pilkada TTU Berlangsung 3 Kali | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU Tetapkan Debat Paslon Pilkada TTU Berlangsung 3 Kali


Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

KPU Tetapkan Debat Paslon Pilkada TTU Berlangsung 3 Kali


Bawaslu Minta Moderator dan Panelis dari Kalangan Profesional yang Independen

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) telah menetapkan jadwal debat kandidat antar pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati TTU pada Pilkada serentak 2020 sebanyak tiga kali. Yakni pada bulan Oktober, November, dan Desember.

Dalam Debat Kandidat tersebut, materi yang akan dibahas terkait dengan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tertuang dalam visi-misi serta program kerja, lalu penyelesaian persoalan yang ada di daerah dan materi wawasan kebangsaan.

“KPU sudah gelar rapat koordinasi dengan tim dari masing-masing Paslon untuk kegiatan debat yang akan dilaksanakan selama tiga kali. Kali pertama itu dijadwalkan pada 24 Oktober mendatang, sedangkan kedua di bulan November dan ketiga awal Desember,” Kata Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka Kepada Timor Express di ruang kerjanya, Rabu (7/10).

Paulinus menambahkan, dalam debat kandidat tersebut, sesuai ketentuan dalam Peraturan KPU (PKPU), yang boleh hadir masuk dalam ruangan debat paslon yaitu, paslon Bupati-Wakil Bupati, tim kampanye masing-masing paslon sebanyak empat orang, Komisioner KPU TTU (5 orang), Komisioner Bawaslu (3 orang), moderator, dan master of ceremony (MC).

Menyinggung terkait tempat debat kandidat, lanjut Paulinus, KPU akan menggunakan ruang tertutup yang akan memudahkan pihaknya dalam menerapkan protokol kesehatan sebagaimana ketentuan dalam PKPU.

“Debat Kandidat akan diselenggarakan di ruang tertutup guna memudahkan penerapan protokol kesehatan. Khusus untuk moderator debat, akan diambil dari kalangan profesional yang independen, dan sementara ini masih dibahas (KPU, Red). Nanti akan diputuskan,” jelasnya.

Ketua Bawaslu TTU, Martinus Kolo mengharapkan moderator dan juga panelis yang akan memandu jalanya debat kandidat paslon Bupati-Wakil Bupati TTU tersebut benar-benar dari kalangan profesional yang independen.

Dikatakan, Bawaslu akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan debat kandidat yang akan berlangsung selama tiga kali. Terutama penerapan protokol kesehatan, jumlah peserta, dan juga kesiapan gedung yang akan digunakan untuk debat nanti.

“Panelis dan moderator harus benar-benar dari kalangan profesional yang independen sehingga tidak memiliki keberpihakan kepada paslon. Bawaslu ingin kegiatan debat kandidat berjalan dengan baik dan benar,” tegasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top