Manggarai Bertambah 14 Kasus Covid-19, Terbanyak Anggota TNI Klaster Denpasar | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Manggarai Bertambah 14 Kasus Covid-19, Terbanyak Anggota TNI Klaster Denpasar


Juru Bicara Satgas Covid-19 Manggarai, Lodovijus D. Moa. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Manggarai Bertambah 14 Kasus Covid-19, Terbanyak Anggota TNI Klaster Denpasar


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Kasus pasien postif Covid-19 di Kabupaten Manggarai kembali bertambah sebanyak 14 orang pada Selasa (6/10). Dari jumlah itu, sebanyak 13 pasien merupakan anggota TNI klaster Denpasar, sementara satu pasien lainnya merupakan pelaku perjalanan dari Makassar.
Dengan tambahan kasus baru ini, hingga 6 Oktober 2020, total kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Manggarai sebanyak 41 orang.

“Ini berdasarkan laporan yang kami terima dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT, bahwa ada penambahan 14 sampel yang terkonfirmasi positif virus korona,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa kepada TIMEXKUPANG.com melalui sambungan telepon, Selasa (6/10).

Menurut Lodovikus, penambahan 14 kasus baru itu setelah dilakukan pemeriksaan PCR terhadap 81 sampel swab di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Untuk klaster Denpasar (TNI), semuanya beralamat Kodim 1612/Manggarai, Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong.

Khusus hasil klaster Denpasar ini, diperoleh dari 30 sampel swab yang diperiksa. Sementara klaster pelaku perjalanan dari Makassar beralamat Rai, Kecamatan Ruteng.

Lodovikus menyebutkan, ada juga satu sampel swab dari mahasiswa Unika St. Paulus Ruteng, yang mana masih menunggu hasil pemeriksaan PCR.

“Sekarang total data kasus pasien Covid-19 di Kabupaten Manggarai berjumlah 41 orang. Dari jumlah itu, yang sembuh 10 orang, meninggal 1 orang, dan masih dirawat 30 orang,” beber Lodovikus.

Dikatakanya, tim Satuan Tugas Covid-19 Manggarai tetap terus bekerja secara profesional guna mencegah terjadinya penularan terhadap warga masyarakat. Hal tersebut dilakukan dengan kegiatan pelacakan kontak (tracking), penelusuran kasus (tracing), pemeriksaan rapid test, pengambilan sampel swab, perawatan, dan pengobatan.

Selain itu, lanjut Lodovikus, pengawasan intensif terhadap setiap pelaku perjalanan dari daerah zona merah. Dia meminta masyarakat Kabupaten Manggarai untuk harus peduli, waspada, dan disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Juga mematuhi setiap protokol kesehatan.

Sementara Pjs Bupati Manggarai, Zeth Sony Libing, pada setiap kesempatan mengatakan, semua orang harus waspada terhadap Covid-19. Karena grafiknya terlihat tidak turun. Justru dari waktu ke waktu terus naik. Kewaspadaan itu tentu dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Tindakan nyatanya berkaitan dengan pola hidup bersih, selalu mengenakan masker, menjaga jarak, dan menghindari adanya kerumunan, serta jaga imun tubuh. Saya minta ASN harus jadi contoh dalam menaati protokol kesehatan,” tegas Sony Libing. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top