Bantu MBR, APERNAS Bangun Ribuan Perumahan di NTT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bantu MBR, APERNAS Bangun Ribuan Perumahan di NTT


LETAKAN BATU PERTAMA. Ketua DPP APERNAS H.M. Zulfakar saat meletakan batu pertama pembangunan perumahan ASPERNAS Permai di Kelurahan Sikumana, Jumat (19/10). (FOTO: FRANS BORGIAS KOLLO/TIMEX)

BISNIS

Bantu MBR, APERNAS Bangun Ribuan Perumahan di NTT


Ketua DPP APERNAS Letakkan Batu Pertama di Sikumana

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional (APERNAS) Provinsi NTT segera membangun ribuan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah NTT. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan rumah oleh Ketua DPP APERNAS, H. M. Zulfakar di Kelurahan Sikumana, Kota Kupang, Jumat (9/10) siang.

“Pelatakan baru pertama hari ini menandakan bahwa mulai hari ini kita sudah memulai pembangunan ribuan rumah layak huni bagi masyarakat NTT. Kami berharap pelaksanakan kegiatannya berjalan aman dan lancar demi membantu masyarakat berpenghasilan rendah di daerah ini,” ungkap H. M. Zulfakar saat meletakan batu pertama di Sikumana kemarin siang.

Pembangunan ribuan unit rumah Perumahan APERNAS Permai di Sikumana itu akan diserahkan kepada salah satu developer yang ada di Kota Kupang, PT. Timor Pembangunan Raya, Charles Angrek.

“Tanah yang disiapkan cukup luas untuk kami bisa bangun ribuan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di NTT. Karena jumlahnya cukup banyak, maka pembangunan rumahnya kita laksanakan secara bertahap. Tahap pertama kami bangun kurang lebih 200 unit rumah sesuai orderannya setelah itu baru kita lanjut lagi sisanya,” jelas H. M. Zulfakar.

Sementara itu, pimpinan PT. Timor Pembangunan Raya, Charles Angrek menjelaskan, ribuan rumah yang akan dibangun di Sikumana bertipe 36 sesuai standar di atas lahan seluas 90 sampai 98 meter persegi.

Tipe rumah ini menyediakan sejumlah kamar dan taman bunga termasuk fasilitas air dan jalan yang memadai.

“Devlopernya kami sendiri (Charles Angrek, Red). Kebetulan kami dipercaya untuk tangani di Kota Kupang. Pelaksananya PT. Timor Pembanguna Raya,” jelas Charles Angrek.

Diakui, saat ini pihaknya siap membangun rumah layak huni tipe 36 tahap pertama yang jumlahnya kurang lebih 142 unit di atas tanah seluas 2 hektare yang sudah disiapkan. Ratusan rumah ini jelas Charles akan dibangun dalam rentang waktu dua tahun.

“Tipe rumah yang kami siap bangun saat ini sebagiannya sudah dipesan dengan harga jual sesuai standar pemerintah yaitu Rp 168 juta per unit,” jelas Charles.

Harga rumah layak huni ini, tambah Charles, merupakan kebijakan subsidi pemerintah dan pembayarannya dilakukan secara cicilan selama 25 tahun melalui bank BPTN. “Soal siapa-siapa saja yang berhak mendapat rumah itu tergantung dari Bank BTPN karena tentu ada syarat yang harus dipenuhi,” pungkas Charles. (ogi)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top