6 Alumni SMAK Andaluri Siap Ditahbis Jadi Imam, Kasek: Sejarah Baru Bagi Sekolah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

6 Alumni SMAK Andaluri Siap Ditahbis Jadi Imam, Kasek: Sejarah Baru Bagi Sekolah


SIAP DITAHBIS. 14 calon imam baru yang akan ditahbis menjadi imam Katolik pada 20 Oktober 2020 di Gereja Sang Penebus Wara. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

6 Alumni SMAK Andaluri Siap Ditahbis Jadi Imam, Kasek: Sejarah Baru Bagi Sekolah


WAINGAPU, TIMEXKUPANG.com-Pada 20 Oktober 2020 nanti bakal menjadi hari bersejarah bagi SMA Katolik Andaluri Waingapu, Sumba Timur. Bagaimana tidak, enam dari 14 calon imam baru dari Kongregasi Redemtoris atau Congregatio Sanctissimi Redemtoris (C.Ss.R) yang akan menjalani Ekaristi Pentahbisan Imam Baru di Gereja Sang Penebus Wara merupakan alumni SMA Katolik Andaluri.

Kepala SMA Katolik Andaluri, Pater Dominikus Rihi Mone, C.Ss.R., yang ditemui di ruang kerjanya Senin (12/10) siang menyatakan kebanggaannya karena untuk pertama kalinya sebanyak enam alumni sekolah itu ditahbis sekaligus menjadi imam baru.

“Setiap tahun pasti (SMA Katolik Andaluri, Red) menyumbang 1 atau 2 imam baru. Namun kali ini sejarah baru bagi SMAK Andaluri karena enam alumni ditahbis sekaligus jadi imam baru. Tentunya ini merupakan kebanggaan dan sangat menggembirakan bagi kami sehingga doa kami adalah mereka setia dalam keterpanggilannya dalam pelayanan,” ungkap Pater Kus –sapaan kas Kepala SMAK Andaluri itu.

Menurut Pater Kus, enam alumni SMAK Andaluri yang akan ditahbis itu merupakan orang-orang terpilih dari banyak orang yang dipanggil. Oleh karena itu, Pater Kus berharap, entah dimana saja mereka ditempatkan bersama umat atau bekerja di lembaga manapun, mereka harus mampu menjadi imam yang baik bagi domba-dombanya dan menjadi teladan yang baik.

Kepala SMAK Andaluri, Dominikus Rihi Mone C.Ss.R. (FOTO: SEPRITUS/TIMEX)

“Sebagai alumni, saya selalu berpesan setelah bertumbuh di sini, mereka harus menjadi buah yang manis dimanapun berada dan sesuai dengan nama sekolah ini mereka bisa menjadi penunjuk jalan yang baik bagi seluruh umat manusia,” ungkap Pater Kus seraya menambahkan, penthabisan yang bertepatan pada 20 Oktober juga merupakan ulang tahun sekolah. “Maka ini adalah kado yang indah buat sekolah dan kami semua,” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia Pentahbisan Imam, Yanto Umbu Tay menyampaikan bahwa pentahbisan imam baru akan berlangsung di Gereja Sang Penebus Wara, pada 20 Oktober 2020 jam 09.00 pagi.

Yanto menyebutkan, rangkaian kegiatan pentahbisan ini dimulai sejak 19 Oktober 2020, yakni pemberkatan alat liturgi Ekaristi Pentahbisan Imam pada pukul 17.00 Wita.

Yanto mengatakan, 14 imam baru yang akan ditahbiskan pada 20 Oktober 2020 itu, berasal dari daratan Flores sebanyak 7 imam, dan dari daratan Sumba juga 7 imam.

Yanto menyampaikan bahwa pentahbisan ini merupakan sejarah bagi umat Katolik di Sumba karena merupakan tahbisan terbesar dalam Kongregasi Redemtoris.

Ini tentunya menjadi kebanggaan, dimana banyak yang memilih menjadi pelayan Tuhan dengan menjadi imam karena menjadi imam berarti telah melewati proses yang panjang sebelum ditahbiskan. “Ini merupakan peristiwa iman besar,” ungkapnya. (mg31)

14 Imam Baru yang akan Ditahbiskan:

1. Diakon Oktavianus Nanga, C.Ss.R
2. Diakon Marcelinus Ledu Ngaba, C.Ss.R
3. Diakon Mario Petyolus Tua, C.Ss.R
4. Diakon Yohanis K. Lengo,C.Ss.R
5. Diakon Simon S. K. Belutowe, C.Ss.R
6. Diakon Richardus A. Misi, C.Ss.R
7. Diakon Gabriel N. Keraf, C.Ss.R
8. Diakon Sixtus B. Atawolo, C.Ss.R
9. Diakon Adolfian F. K. Niron, C.Ss.R
10. Diakon Emanuel Y. Poety, C.Ss.R
11. Diakon Adelbertus Mariza, C.Ss.R
12. Diakon Agustinus Gala, C.Ss.R
13. Diakon Aloysius Keba Hukapati, C.Ss.R
14. Diakon Pius Binus Bengaman, C.Ss.R

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top