Terindikasi PMH, Jaksa Naikkan Status Hukum PD Mutis Jaya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Terindikasi PMH, Jaksa Naikkan Status Hukum PD Mutis Jaya


KASI Pidsus, Kejari TTS, Khusnul Fuad. (FOTO: Dok TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Terindikasi PMH, Jaksa Naikkan Status Hukum PD Mutis Jaya


Dari Penyelidikan ke Penyidikan

SOE, TIMEXKUPANG.com-Kejaksaan Negeri (Kejari) TTS meningkatkan proses hukum terhadap laporan masyarakat, terkait dugaan tindak pidana korupsi pada Perusahaan Daerah (PD) Mutis Jaya dari penyelidikan ke penyidikkan. Pasalnya ada indikasi kuat Perbuatan Melawan Hukum (PMH) terhadap dana penyertaan modal senilai Rp 1, 5 miliar.

“Hari ini (Selasa, 13/10, Red) penyidik Kejari TTS menaikan status pengusutan kasus terbsebut dari penyelidikan ke penyidikan,” ungkap Kepala Kejari TTS, Andarias D’Orney melalui Kasi Pidsus, Khusnul Fuad saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya siang tadi (13/10).

Khusnul menuturkan, pihaknya memutuskan untuk menaikan status pengusutan kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan, setelah melakukan serangkaian penyelidikan, serta dilakukan ekspose intenal, yang mana diyakini terdapat unsur perbuatan melawan hukum terhadap dana penyertaan modal di PD Mutis Jaya itu.

Menurut Khusnul, dengan peningkatan proses hukum tersebut, selanjutnya ditindaklanjuti dengan pemanggilan terhadap saksi-saksi yang dinilai mengetahui pengelolaan dana tersebut. Baik itu pengurus PD Mutis Jaya, maupun pihak lainnya yang dipandang perlu dimintai keterangannya guna mengungkap kasus tersebut secara terang benderang.

“Karena kita sudah naikan kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan, maka dalam waktu dekat kami akan mulai panggil saksi-saksi untuk mintai keterangan mereka,” tutur Khusnul Fuad.

Tindaklanjut dari kasus itu, katanya, penyidik Kejari TTS selain akan memintai keterangan para saksi yang dipandang perlu memberi kesaksian, penyidik juga akan mengumpulkan barang bukti guna mendukung hasil penyidikan kasus tersebut sampai ke tahap pengujian hukum di Pengadilan. “Target kita secepatnya kita selesaikan kasus ini,” tegas Khusnul Fuad.

Khusnul menambahkan, Kejari TTS dalam upaya pengungkapan dugaan kasus korupsi yang terjadi di TTS, selain fokus dalam perbuatan pidana, juga salah satu fokus penting adalah memulihkan keuangan daerah. Ini agar dana yang diambil oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk memperkaya diri dapat digunakan oleh pemerintah untuk pembiayaan program pembangunan lainnya, yang bermanfaat oleh masyarakat.

“Jadi fokus kita adalah selain perbuatan pedana mereka yang mengambil uang negara, juga fokus untuk pemulihan keuangan daerah,” pungkas Khusnul  Fuad. (yop)

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top