Buku dan Motor Pintar untuk Siswa Perbatasan Mota’ain | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Buku dan Motor Pintar untuk Siswa Perbatasan Mota’ain


MANFAATKAN MOTOR PINTAR. Siswa SMPN 1 Silawan tampak memilih buku bacaan yang dibawa Satgas Pamtas Sektor Timur Pos Damar dengan motor pintar. (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Buku dan Motor Pintar untuk Siswa Perbatasan Mota’ain


Kreatifitas Anggota Satgas Pamtas Yonif 744/SYB

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Personil Pos Damar, anggota Satgas Pamtas RI RDTL Sektor Timur Yonif Raider Khusus 744/SYB punya gebrakan khusus untuk membantu para siswa perbatasan di tengah wabah Covid-19.

Mereka memodifikasi kendaraan roda dua menjadi motor pintar yang berisi beragam jenis buku pelajaran. Para prajurit kemudian berjalan keliling mendatangi SMPN 1 Silawan, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Gerakan kreatifitas dan inovasi menjadikan perpustakaan keliling, dilakukan Komandan Pos (Danpos) Damar, Letda Anggun Wahyu Wuryanto, Anggota Pratu Angga Yudha, Pratu Sembiring, dan Pratu Yogie.

Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, Selasa (13/10) menjelaskan, alasan personel pos Damar membuat motor pintar sebagai perpustakaan keliling karena melihat siswa-siswi yang jam tatap muka terbatas akibat dampak Covid-19.

Sehingga Danpos Damar bersama tiga anggota Pos Damar, Letda Anggun Wahyu manfaatkan sarana motor dan buku pelajaran yang dimiliki Satgas Pamtas Yonif Raider Khusus 744/SYB untuk dijadikan motor pintar,” sebutnya.

Alfat menjelaskan, tugas pokok Satgas selain menjaga situasi keamanan dan kedaulatan negara serta pembinaan teritorial, salah satunya memberikan pelayanan tenaga pendidikan untuk mencerdaskan masyarakat di perbatasan RI-RDTL.

MENUJU SASARAN. Seorang anggota Satgas Pamtas Pos Damar mengendarai motor pintar menuju sasaran para siswa di perbatasan. (FOTO: ISTIMEWA)

Sementara Danpos Damar Letda Anggun Wahyu Wuryanto menuturkan inisiatif dirinya bersama personel pos Damar membuat motor pintar karena melihat banyak siswi yang diliburkan akibat dampak dari merebaknya virus korona.

Ia menuturkan, pelayanan perpustakaan keliling menggunakan sepeda motor dengan menyiapkan buku-buku bacaan tentunya tidak lantas membuat orang pintar. Tetapi sangat bermanfaat ke depan sebagai bekal ilmu dikemudian hari.

“Buku tidak lantas membuat kita pintar, tapi setidaknya dengan membaca menjadi bekal. Wawasan yang luas memberikan manfaat besa,” ujarnya.

Sementara Petrus Bere, Kepala SMPN 1 Silawan mengaku bangga dan senang atas inisiatif dan pendekatan yang dilakukan anggota Satgas membantu para siswa di sekolahnya. Terutama tiga anggota personel Satgas Pamtas Yonif Raider Khusus 744/SYB yang berkesempatan hadir memberikan pelayanan perpustakaan keliling di sekolah tempatnya mengajar.

Menurutnya, kehadiran perpustakaan keliling melalui motor pintar tersebut disambut dengan gembira oleh para siswa di SMPN 1 Silawan. Hal itu terlihat antusias anak-anak sekolah yang berkumpul dan berlomba memilih buku yang mereka inginkan.

“Kami sangat senang melalui kreatifitas motor pintar berguna sebagai perpustakaan membuat anak-anak kami mendapatkan motivasi untuk lebih giat belajar dan berlatih selama kegiatan di sekolah,” sebutnya. (mg33)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top