Laboratorium Tes Massal Covid-19 Siap Dioperasikan, Jumat Gubernur VBL Resmikan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Laboratorium Tes Massal Covid-19 Siap Dioperasikan, Jumat Gubernur VBL Resmikan


BERTEMU GUBERNUR. Tim Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat usai bertemu Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menyampaikan progres pengerjaan lab tes massal yang siap diresmikan. Tampak moderator FAN, Elcid Li (kedua kanan). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Laboratorium Tes Massal Covid-19 Siap Dioperasikan, Jumat Gubernur VBL Resmikan


Kolaborasi Forum Academia NTT, Undana Kupang dan Dinkes NTT

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Jika tidak aral merintang, Jumat (16/10) pagi, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) akan meresmikan pemanfaatan Laboratorium Biologi Molekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT.

Laboratorium Biologi Molekuler Kesehatan Masyarakat NTT ini merupakan hasil kolaborasi tiga institusi, yakni Forum Academia NTT, Undana Kupang, dan Dinas Kesehatan Provinsi NTT. Laboratorium yang berada di Rumah Sakit Penyangga Pratama Undana Kupang ini nantinya digunakan sebagai laboratorium tes massal (Pool Test) Covid-19 .

“Tadi tim sudah bertemu dan sampaikan ke Pak Gubernur (VBL, Red). Beliau siap untuk meresmikan Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT pada hari Jumat (16/10) pagi,” ungkap moderator Forum Academia NTT, Dominggus Elcid Li usai bertemu Gubernur NTT, tadi siang (14/10).

BACA JUGA: FAN Kembali Adakan Pelatihan Laboran Tim Pool Test Labkesmas Covid-19

BACA JUGA: Dukung FAN Buat Laboratorium qPCR, Wali Kota Minta Tim Pool Test Presentasi di DPRD

Elcid menjelaskan, laboratorium yang dipersiapkan dengan dukungan berbagai pihak ini secara teknis sudah memenuhi syarat untuk dipergunakan. Baik itu peralatan maupun sumber daya manusianya.

“Bahkan Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Surabaya sendiri sudah datang dan melihat langsung kondisi laboratoriumnya. Jadi secara teknis tidak ada masalah,” ungkap Elcid.

Khususnya dukungan sumber daya manusianya, Elcid menyebutkan, pengoperasian lab ini akan dipimpin oleh anak NTT sendiri yang adalah seorang doktor yang ahli biomolekuler tamatan Amerika Serikat, yakni Dr. Fima Inabuy.

Mengenai fasilitas pendukung lain seperti outoclave dan ipal (Instalasi Pembuangan Air Limbah) saat ini dalam proses pengadaan. Outoclave dalam proses pengiriman, sedangkan Ipal nanti dibangun oleh Rektor Undana. Untuk sementara bisa pakai fasilitas yang ada di Rumah Sakit Prof. W. Z. Johannes. Jadi tidak ada masalah,” jelas Elcid.

Elcid menambahkan, Forum Academia NTT (FAN) berjuang dengan gigih meyakinkan pemerintah juga perguruan tinggi dalam hal ini Undana untuk menghadirkan sebuah Laboratorium Kesehatan Masyarakat dalam rangka mendukung pencegahan dan memutus rantai penyebaran virus korona di NTT. Dengan hadirnya lab ini, diharapkan makin banyak orang yang diperiksa dengan metode pool test (tes massal) sehingga memastikan tingkat penyebaran virus mematikan ini di NTT dan upaya pencegahan secara lebih masif. (ogi)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top