Bupati Rote Ndao Angkat Penjabat Kades Baru, Pelantikan oleh Camat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati Rote Ndao Angkat Penjabat Kades Baru, Pelantikan oleh Camat


Camat Lobalain, Nusry E. Zackharias. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Bupati Rote Ndao Angkat Penjabat Kades Baru, Pelantikan oleh Camat


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE telah mengeluarkan Keputusan Bupati tentang pemberhentian dan pengangkatan terhadap sejumlah Kepala Desa (Kades). Keputusan yang dikeluarkan itu didasarkan pada pengajuan pengunduran diri oleh sejumlah Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) yang hendak bertarung dalam perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada Desember 2020 mendatang.

Pengambilan sumpah dan pelantikan terhadap Pj Kades yang baru dilakukan oleh masing-masing Camat mewakili Bupati di sembilan kecamatan. Tujuh Kecamatan diketahui telah lebih dahulu melakukan kegiatan tersebut pada Senin (12/10), lalu menyusul dua Kecamatan lainnya.

Kecamatan yang mendahului adalah, Kecamatan Ndao Nuse, Rote Barat Laut, Rote Selatan, Rote Tengah, Pantai Baru, Rote Timur, dan Landu Leko. Sementara dua kecamatan lainnya yang menyusul proses pelantikan Pj Kades adalah Kecamatan Lobalain dan Rote Barat Daya, pada Selasa (13/10).

“Hari ini (Selasa, 13/10) dilakukan pengambilan sumpah dan pelantikan Pj Kades baru di Rote Barat Daya dan Lobalain,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Kabupaten Rote Ndao, Yames M.K.Therik, SH, saat dikonfirmasi Timor Express di ruang kerjanya, Selasa (13/10).

Yames mengatakan, jumlah Pj Kades yang sudah dilantik berjumlah 32 orang. Jumlah terbanyak berada di Kecamatan Rote Barat Laut, yaitu sebanyak 13 Pj Kades.

Kemudian Kecamatan Pantai Baru dengan 6 Pj Kades, 5 Pj Kades di Rote Timur, dan Ndao Nuse 4 Pj Kades. Sedangkan masing-masing 2 Pj Kades di Kecamatan Rote Selatan dan Landu Leko.

“Terbanyak yang sudah dilantik di Kecamatan Rote Barat Laut, dan masing-masing 2 orang di dua Kecamatan. Paling sedikit di Kecamatan Rote Tengah, yaitu 1 orang,” kata Yames.

Terhadap Pj Kades yang dilantik, sebagian besar berasal dari unsur perangkat desa. Dengan jabatan yang diemban sebelumnya adalah sebagai Sekretaris Desa (Sekdes).

Hanya di Desa Oebole, Kecamatan Rote Barat Laut, yang diangkat juga dari unsur perangkat desa dalam jabatan sebagai Kepala Urusan (Kaur) Keuangan, yakni Fremi F. Nggili. Fremi diangkat menjadi Pj Kades Oebole menggantikan Mesak O. Nggili.

Sementara Pj Kades yang dipindahtugaskan dalam jabatan yang sama adalah Nipjono B. B. Nalle, yang sebelumnya menjabat Pj Kades Lentera, Kecamatan Rote Barat Daya. Kini, Nipjono menjabat Pj Kades Mundek, Kecamatan Rote Barat Laut.

BACA JUGA: Penjabat Kades di Rote Ndao Ramai-ramai Letakan Jabatan, Ternyata…

Sedangkan di desa Papela Kecamatan Rote Timur, Mardia Laduma, diangkat kembali sebagai Pj Kades Papela. Sebelumnya, Mardia pernah mengemban jabatan tersebut selama 1 satu tahun, periode 2018-2019, yang kini diangkat untuk menggantikan H. Sugiarto F. A. Azhari.

Dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) juga diangkat sebagai Pj Kades. Tersebar di sembilan Kecamatan. Dari 47 Pj Kades yang dilantik, sebanyak 24 orang berstatus ASN.

“Hari ini dilantik 8 Pj Kades di Kecamatan Lobalain. Semuanya adalah ASN,” kata Camat Lobalain, Nusry E. Zackharias, SE, yang dikonfirmasi Timor Express, sesaat sebelum memulai acara pelantikan.

Lima dari delapan Pj Kades yang dilantik berasal dari unit kerja di Kantor Camat Lobalain. Mereka adalah Laura Barends, SP (Pj Kades Sanggaoen), Jusuf Dillak, SH., (Pj Kades Bebalain), Jan Bernhart Kotta, SH (Pj Kades Kuli), Elisa Suki SH (Pj Kades Oelunggu), dan Paulus Koci Ledo, SE (Pj Kades Kuli Aisele).

Sedangkan 3 lainnya, Simon Dugun, staf pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Rote Ndao ditunjuk sebagai Pj. Kades Holoama, Junus Bire, S.Pd, Kepala SD GMIT Soka ditunjuk menjadi Pj Kades Loleoen, dan Jemy F. Z. Ndun, staf di kantor Kelurahan Namodale dipercayakan sebagai Pj Kades Oeleka.

Nusry E. Zackharias dalam sambutannya saat melantik para Pj Kades meminta pata penjabat Kades untuk selalu menjaga kepercayaan dan saling bekerja sama. Menurutnya, kedua hal tersebut rentan memicu persoalan jika tidak diperhatikan.

“Tolong jaga kepercayaan serta membangun kerja sama agar semuanya bisa sama-sama bekerja,” pesan Nusry E. Zackharias dalam sambutanya pada acara pelantikan Pj Kades di Kantor Camat Lobalain, Selasa (13/10).

Selain Kecamatan Lobalain, Pj Kades yang berasal dari unsur ASN dengan jumlah kedua disusul Kecamatan Rote Barat Laut, dengan jumlah 7 orang. Masing-masing 2 orang di tiga Kecamatan, yaitu Pantai Baru, Rote Barat Daya, dan Ndao Nuse.

Paling sedikit di Kecamatan Rote Tengah yaitu 1 orang. Sementara di beberapa desa lainnya juga terdapat ASN yang diangkat menjadi Pj Kades. Namun sebelumnya, ASN tersebut sementara menjabat sebagai Sekretaris Desa (Sekdes).

“Ada juga PJ Kades yang diangkat dari ASN, seperti di Desa Boni dan Holulai di Kecamatan Rote Barat Laut, Daima, Landu Leko, dan Pilasue Kecamatan Rote Selatan,” tambah Kadis Yames.

Diketahui, Kecamatan Rote Barat Daya telah menyelenggarakan acara pengambilan sumpah dan pelantikan Pj Kades pasca adanya pengunduran diri terhadap sejumlah Pj Kades. Jumlah yang dilantik adalah sebanyak 7 Pj Kades. (mg32)

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top