Didorong Stimulus AS dan Demo Buruh, Rupiah Menguat ke Level 14.760 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Didorong Stimulus AS dan Demo Buruh, Rupiah Menguat ke Level 14.760


ILUSTRASI. Rupiah dan Dollar. (FOTO: Dery Ridwansah/JawaPos.com)

BISNIS

Didorong Stimulus AS dan Demo Buruh, Rupiah Menguat ke Level 14.760


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Perdagangan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan masih akan bergerak mendatar. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) saat ini posisi Rupiah berada di level 14.760.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Atiston Tjandra mengatakan, isu stimulus AS mungkin memberikan tekanan untuk Rupiah setelah Menteri Keuangan AS memberikan penegasan bahwa kesepakatan stimulus bakal terjadi setelah pemilu Presiden karena banyak perbedaan yang belum disepakati.

Menteri Keuangan AS Steve mengatakan pihaknya dan Ketua DPR Nancy Pelosi masih ‘berjauhan’ dalam paket bantuan ekonomi virus korona, dan kesepakatan akan sulit dicapai sebelum pemilu 3 November.

Adanya lonjakan kasus di negara-negara Eropa terpaksa menutup sekolah, membatalkan kegiatan operasi di RS, dan meminta bantuan siswa kedokteran karena pihak berwenang kewalahan menghadapi skenario mimpi buruk kebangkitan Covid-19 pada awal musim dingin.

“Rupiah mungkin masih akan bergerak sideway di kisaran yang sama dengan kemarin dengan kisaran 14.700-14.750,” ujarnya dalam pesan singkatnya, Kamis (15/10).

Selain itu, lanjutnya, pelaku pasar juga mewaspadai rencana demo buruh terhadap Omnibus Law cipta kerja yang akan berlangsung selama sepekan ke depan. “Tapi di sisi lain, aksi net buy asing di pasar saham Indonesia bisa membantu penguatan Rupiah terhadap dolar AS,” tuturnya. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top