KPU Tetapkan 172.385 DPT Pilkada TTU 2020, Bawaslu Setujui dengan Syarat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU Tetapkan 172.385 DPT Pilkada TTU 2020, Bawaslu Setujui dengan Syarat


SERAHKAN. Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka (kiri) saat menyerahkan Dokumen DPT kepada tim penghubung dari paslon Bupati-Wakil Bupati TTU 2020, Sabtu (17/10). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

KPU Tetapkan 172.385 DPT Pilkada TTU 2020, Bawaslu Setujui dengan Syarat


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menetapkan sebanyak 172.385 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati TTU pada pesta demokrasi Pilkada serentak 2020.

Proses penetapan DPT tersebut dilakukan setelah adanya perbaikan atas Daftar Pemilih Sementara hasil Perbaikan (DPS-HP) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran data Pemilih. DPT yang ditetapkan tersebut terdiri dari 85.335 pemilih laki-laki, dan 87.050 pemilih perempuan.

Ketua KPU TTU Paulinus Lape Feka kepada Timor Express, Sabtu (17/10) mengatakan, KPU telah melakukan perbaikan atas DPS-HP yang telah ditetapkan sebelumnya untuk digunakan pada Pilkada TTU 2020.

Dikatakan, DPT yang ditetapkan oleh KPU TTU tersebut sebanyak 172.385 pemilih yang menyebar di 24 kecamatan, 193 desa/kelurahan, dan 518 TPS.

“Dengan ditetapkannya DPT untuk Pilkada TTU tahun 2020 maka data pemilih dinyatakan final. Dibandingkan dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) jumlah DPT memang mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan pasca penetapan DPS ada pemilih yang meninggal dunia dan terdapat pemilih ganda dan tidak memenuhi syarat harus dikeluarkan,” ungkap Paulinus.

Paulinus menambahkan, proses penetapan terhadap DPT tersebut meskipun sudah final, namun apabila ada masyarakat TTU yang namanya belum terdata bisa mendatangi petugas di setiap desa, kecamatan bahkan kabupaten guna mendaftar agar dapat menggunakan hak pilih pada Pilkada TTU 2020.

BACA JUGA: KPU TTU Tetapkan 173.429 DPS untuk Pilkada 2020

BACA JUGA: Bawaslu TTU Temukan 634 Pemilih Ganda Hasil Penelusuran DPS

Dijelaskan, pendaftaran bagi pemilih yang namanya tidak tercantum di DPT tersebut akan diakomodir melalui format Daftar Pemilih Tambahan yang akan ditetapkan melalui rapat pleno antara KPU dan Bawaslu secara berjenjang dari Tingkat Kecamatan sampai Kabupaten.

“KPU berharap, pemilih yang telah terdaftar di DPT dapat menggunakan hak pilih secara baik dan bertanggungjawab pada pemilihan bupati dan wakil bupati TTU tanggal 9 Desember yang akan datang,” pintanya.

Sementara, Ketua Bawaslu TTU, Martinus Kolo mengaku menyetujui proses penetapan DPT yang telah dilakukan KPU, dimana telah ditetapkan sebanyak 172.385 pemilih untuk Pilkada TTU 2020.

Dikatakan, proses penetapan DPT telah berlangsung secara baik namun ada beberapa catatan penting yang disampaikan Bawaslu TTU, yakni terkait dengan data ganda, data pemilih tidak memenuhi syarat, dan juga terhadap klasifikasi pemilih disabilitas yang perlu dipertegas dalam daftar pemilih.

Martinus mengakui, terkait dengan data ganda identik sebanyak 634 dan data ganda non identik sebanyak 58 yang ditemukan pihak Bawaslu pada DPS, setelah dilakukan pengecekan pada sistem data pemilih atau Sidalih, semuanya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Terhadap data pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) semuanya sudah dikeluarkan sehingga jumlah DPT kita berkurang dari jumlah yang ada pada Daftar Pemilih Sementara (DPS),” jelasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top