Atasi Kekeringan, Pemkab Ngada Salurkan Air Bersih untuk Warga | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Atasi Kekeringan, Pemkab Ngada Salurkan Air Bersih untuk Warga


SIAP DISTRIBUSI AIR. Pjs Bupati Ngada, Linus Lusi bersama Sekda Theodosius Yosefus Nono melepas mobil tangki untuk mendistribusikan air bagi warga di Desa Ratogesa dan Desa Ulubelu, Selasa (20/10). (FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Atasi Kekeringan, Pemkab Ngada Salurkan Air Bersih untuk Warga


Di Desa Ratogesa dan Desa Ulubelu, Kecamatan Golewa

BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngada mendistribusikan air melalui tangki-tangki untuk atasi kekeringan di wilayah Kecamatan Golewa.

Pelepasan tengki air tersebut dilakukan Pejabat sementara (Pjs) Bupati Ngada, Linus Lusi bertempat di halaman kantor Bupati Ngada, Selasa (20/10). Hadir saat itu Sekretaris Daerah (Sekda) Ngada, Theodosius Yosefus Nono dan sejumlah pejabat Pemkab Ngada lainnya. Pelepasan sejumlah tangki air tersebut diarahkan untuk mendistribusikan air bersih bagi warga di Desa Ratogesa dan Desa Ulubelu.

Pjs Bupati Ngada, Linus Lusi dalam sambutanya mengatakan, distribusi air bersih ini merupakan kegiatan kemanusiaan. “Kita lebih mementingkan pelayanan untuk warga yang membutuhkan,” katanya.

Masalah air minum, kata Linus, menjadi persoalan serius di tengah kekeringan. “Kita tahu bahwa kabupaten Ngada khususnya wilayah Kecamatan Golewa memang daerah subur. Distribusi air ini dikarenakan saat ini musim kering sehingga debit air menurun,” ungkapnya.

Dengan penurunan debit air dimata air Waeia, Pemkab Ngada mengambil langkah membantu warga Desa Ulubelu dan Desa Ratogesa dengan mendistribusikan air gunakan tangki.

“Kita berharap agar bisa memberikan keyakinan kepada warga bahwa Pemerintah Kabupaten Ngada hadir di tengah masyarakat,” jelas Linus.

“Upaya ini kita lakukan karena kita sudah melihat langsung di lokasi bahwa mata air dan debit air sudah menurun. Agar warga Desa Ratogesa tidak mengalami kesusahan air, maka kami langsung melakukan rapat bersama kepala desa dan menyampaikan hal ini ke kabupaten,” tambah Camat Golewa, Kanisius Logo.

“Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pejabat Bupati Ngada bersama jajaran karena atas upaya yang kami usulkan, dan hari ini tangki pengangkut air bersih langsung menuju ke Desa Ratogesa dan Desa Ulubelu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ratogesa Atanasius Paru Kepada Timor Express mengatakan, penurunan debit air di mata air Waeia memang sangat berdampak pada warga. Pasalnya, di wilayah desa yang ia pimpin itu mempunyai tiga bak air untuk warga. Kondisi saat ini di bak air sudah kering. “Kita mengatasi jangan sampai bak air pecah sehingga pemerintah desa dan camat berupaya untuk mendistribusikan air bersih ke bak tersebut. (*)

Penulis: Saver Bhula

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

KABAR FLOBAMORATA

Tambah 8 Kasus Baru, Total Positif Covid-19 di NTT Capai 970 Orang

22 November 2020 - 11:06pm

KABAR FLOBAMORATA

Pemkot Larang Semua Perayaan Pesta

23 November 2020 - 11:50am

NASIONAL

Pulau Komodo Tetap ‘Dijual’, Ini Penjelasan Luhut

27 November 2020 - 11:09pm

PERISTIWA/CRIME

Tersangka Pemberi Suap Menteri KKP Calon Besan Ketua MPR

26 November 2020 - 3:35pm

KABAR FLOBAMORATA

Satu Lagi Pasien Covid-19 Meninggal di Kota Kupang

23 November 2020 - 11:59pm

KABAR FLOBAMORATA

Waspada… Covid-19 Mulai Serang Nakes

23 November 2020 - 12:20pm

ENTERTAINMENT

Tiga Penyanyi Asal NTT Terbaik di AMI Awards 2020

28 November 2020 - 7:02am
To Top