Kontes Sapi di TTU Berhadiah 45 Ekor Sapi, Bupati: Perbanyak Inseminator | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kontes Sapi di TTU Berhadiah 45 Ekor Sapi, Bupati: Perbanyak Inseminator


KONTES: Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes nampak memegang mulut sapi yang ikut kontes sapi memperebutkan piala Bupati TTU ke VIII di Lapangan Kantor Camat Bikomi Selatan, kemarin (19/10). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kontes Sapi di TTU Berhadiah 45 Ekor Sapi, Bupati: Perbanyak Inseminator


Perebutkan Piala Bupati TTU Ke VIII

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) kembali menggelar kegiatan kontes ternak sapi memperebutkan Piala Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes yang ke VIII, Senin (19/10).

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Kecamatan Bikomi Selatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dengan tujuan menyukseskan program pemerintah menjadi TTU sebagai gudang ternak.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, mengatakan, Pemerintah Daerah dari tahun ke tahun melihat kualitas pelaksanaan kegiatan kontes sapi dalam rangka memperebutkan piala Bupati TTU harus semakin baik.

Bupati TTU dua periode tersebut menyebutkan, kontes sapi yang baik akan bertambah kualitas sapi yang dilombakan juga. Pasalnya, target dari kegiatan kontes sapi tersebut untuk meningkatkan hasil produksi ternak di wilayah TTU.

Meski demikian, dalam kontes sapi yang berlangsung di Kecamatan Bikomi Selatan tersebut Bupati Raymundus mengaku tidak terlalu gembira karena sapi yang diikutsertakan dalam lomba adalah sapi yang sama, yang sudah pernah ikut dalam kontes ternak tahun sebelumnya. Karena itu sapi yang sudah pernah ikut dalam Kontes tahun lalu, tidak boleh diikutsertakan pada kontes tahun berikutnya.

“Tahun depan kontes sapi harus diperbanyak inseminator. Setiap kecamatan minimal 5 orang. Bagi Kepala Desa, kandang jepit disiapkan di desa masing-masing, dan untuk setiap kk menyiapkan 5 ekor betina,” pesannya.

Kepala Dinas Peternakan TTU, Fransiskus Fay mengatakan, tujuan digelarnya kontes ternak sapi adalah untuk mempromosi hasil produksi ternak sapi yang ada di TTU.

Fransiskus menjelaskan, dalam pelaksanaan kontes ternak sapi itu, pihaknya juga mengundang para pengusaha ternak untuk dapat menyaksikan kontes tersebut sehingga diharapkan, pengusaha tertarik dengan ternak sapi yang dimiliki masyarakat TTU.

“Karena dalam ajang promosi seperti ini, ada transaksi, jadi nanti ada pengusaha dan mitra-mitra kita ketika mereka melihat pasti mereka tertarik untuk ambil,” kata Fransiskus.

Fransiskus mengatakan, tiap kecamatan yang menjadi juara dalam kontes ternak sapi setiap kategori akan diberikan hadiah berupa ternak sapi dengan jumlah yang bervariatif sesuai kategori/tingkatan juaranya.

Fransiskus menyebutkan, untuk juara satu, mendapat dapat lima ekor sapi, juara dua tiga ekor sapi, dan peringka tiga mendapat seekor sapi. Jadi setiap kategori itu ada sembilan ekor sapi. “Jadi kalau untuk lima kategori jumlah hadiah yang kita siapkan sebanyak 45 ekor,” jelasnya.

Dijelaskan, hadiah tersebut diberikan kepada para pemenang dengan tujuan untuk menarik para peternak untuk dapat mengikuti kontes lomba ternak sapi tersebut.

“Sehingga diharapkan ada peningkatan populasi sapi di TTU, dan dampaknya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi para peternak dan petani di Kabupaten TTU,” terangnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top