Kota Kupang Tambah 9 Kasus Positif Covid-19, Total NTT Capai 605 Kasus | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kota Kupang Tambah 9 Kasus Positif Covid-19, Total NTT Capai 605 Kasus


Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kota Kupang Tambah 9 Kasus Positif Covid-19, Total NTT Capai 605 Kasus


Tambah 13 Kasus di NTT, Sembuh Hari Ini 5 Pasien

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Angka pertambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi NTT terus saja menanjak. Pada hari ini saja, berdasarkan rilis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 NTT, terjadi penambahan 13 kasus baru, tersebar di empat kabupaten/kota. Yakni Kota Kupang bertambah 9 kasus baru, Kabupaten Ngada (2 kasus positif), dan masing-masing satu kasus untuk Kabupaten Malaka dan Sumba Tengah.

Untuk sembilan kasus di Kota Kupang penularannya adalah tranmisi lokal, sedangkan kasus baru di Kabupaten Ngada dan Sumba Tengah merupakan pelaku perjalanan dari Denpasar. Sementara untuk Kabupaten Malaka adalah pelaku perjalanan dari Kalimantan Timur.

Selain itu, hari ini juga ada pasien yang dinyatakan sembuh. Jumlahnya lima pasien, tersebar di Kota Kupang (2 pasien), Kabupaten Kupang (1 pasien), Kabupaten Manggarai Barat (1 pasien), dan Kabupaten Sumba Tengah (1 pasien).

Dengan data ini, hingga Selasa (20/10) petang, total pasien terkonfirmasi positif di NTT sejak kasus pertama muncul pada 9 April 2020 berjumlah 605 kasus. Dari jumlah itu, yakni dalam perawatan atau isolasi maupun karantina mandiri berjumlah 180 pasien. Yang dinyatakan sembuh sebanyak 418 orang, dan meninggal berjumlah 7 orang.

Penanganan Kota Kupang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji ketika dikonfirmasi terkait tambahan 9 kasus positif baru penularan transmisi lokal menyebutkan, para pasien ini merupakan hasil tracing terhadap kontak erat yang dilakukan tim Gugus Tugas sebelumnya.

Menurut Ernest, dari 9 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang hasil laboratoriumnya keluar hari ini terdiri dari empat orang laki-Laki dan lima perempuan. Mereka saat ini dirawat di tiga rumah sakit berbeda di Kota Kupang.

BACA JUGA: Tambah 2 Pasien Positif Baru, Kasus Covid-19 di NTT Menuju Angka 600

Ernest menjelaskan, ada dua pasien perempuan berusia 31 tahun dan 50 tahun yang merupakan hasil tracing terhadap kontak erat (Kontak keluarga) saat ini di rawat di RSUD Prof. Dr. W. Z Johannes Kupang.

Selain itu, lanjut Ernest, pasien laki-laki berusia 51 tahun, 24 tahun, 11 tahun, dan seorang perempuan berusia 24 tahun juga hasil tracing terhadap kontak erat (Kontak keluarga) saat ini di rawat di RSU Siloam Kupang.

Selanjutnya, perempuan berusia 56 tahun, 17 tahun dan seorang laki-laki berusia 35 tahun hasil tracing terhadap kontak erat (Kontak keluarga) saat ini dirawat di RST Wira Sakti Kupang. Para pasien positif korona ini, demikian Ernest, merupakan warga Kelurahan Nunleu, Tuak Daun Merah (TDM), Oetete, dan Kelurahan Oeba.

“Kondisi Kota Kupang hari ini yang sembuh 2 orang. Berasal dari Kelurahan Oesapa Selatan dan Nunleu dengan waktu tunggu hasil yaitu selama 6 hari,” ungkap Ernest.

Dengan tambahan 9 kasus baru ini, lanjut Ernest, total kasus terkonfirmasi postif di Kota Kupang sejak kasus pertama 9 April 2020 hingga Selasa (20/10) petang berjumlah 128 orang. Dari jumlah itu, yang masih dirawat saat ini sebanyak 44 orang, sembuh 80 orang, dan meninggal 4 orang.

Sementara itu, hasil tracing terhadap warga yang Kontak erat sebanyak 569 orang, masih dipantau 7 orang, dan selesai dipantau 562 orang.

Sedangkan untuk pelaku perjalanan selama bulan Oktober 2020, tambah Ernest mencapai 5.424 orang, suspek 432 orang, dirawat 6 orang, sembuh 420 orang, dan meninggal 6 orang. (mg25/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top