Mahasiswa Unika Ruteng dapat Kemudahan, Bayar Uang Kuliah Pakai Ponsel | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Mahasiswa Unika Ruteng dapat Kemudahan, Bayar Uang Kuliah Pakai Ponsel


FOTO BERSAMA. Pihak Bank NTT Cabang Ruteng, pengurus Yayasan dan Unika Santu Paulus Ruteng serta mahasiswa, pose bersama usai tes operasional pembayaran SPP secara online, Senin (19/10). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX) 

BISNIS

Mahasiswa Unika Ruteng dapat Kemudahan, Bayar Uang Kuliah Pakai Ponsel


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, Kabupaten Manggarai, diberi kemudahan untuk melakukan transaksi uang perkuliahan. Melalui aplikasi NTT Pay Bank NTT, mahasiswa di lembaga Unika bisa membayar uang kuliah melalui handphone (HP) atau telepon seluler (Ponsel).

Terpantau TIMEXKUPANG.com, Senin (19/10) pagi, pihak Bank NTT Cabang Ruteng dan Lembaga Unika Santu Paulus, melakukan tes operasional dengan memanfaatkan HP untuk pembayaran uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) melalui Kanal NTT Pay Bank NTT, dan berhasil.

Acaranya berlangsung di ruang kuliah Unika Santu Paulus Ruteng, Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong. Hadir Pimpinan Cabang (Pinca) Bank NTT Ruteng, Soleman M. Bislissin, Kepala Kantor Kas Unika Santu Paulus Ruteng, Yustinus Ama Pala, pihak Yayasan Unika, serta pegawai Bank NTT.

“Mulai hari ini, pembayaran transaksi biaya perkuliahan di Unika, sudah dapat dilaksanaka melalui HP dengan aplikasi NTT Pay yang dapat di download melalui Playstore,” jelas Soleman Bisilisin kepada TIMEXKUPANG.com usai tes operasional pembayaran uang SPP.

Menurut Soleman, aplikasi NTT Pay dari Bank NTT, salah satunya untuk mendukung dunia pendidikan dan kemudahan pembayaran uang kuliah. Terutama di masa adaptasi kebiasaan baru(AKB) pandemi Covid-19.

Dasar penerapan transaksi ini, menurut Soleman, adalah perjanjian kerja sama (PKS) induk Bank NTT dengan Yayasan Santu Paulus Ruteng tahun 2009, tentang pemanfaatan layanan jasa Bank NTT, yang telah diperpanjang hingga saat ini.

Selain itu, kata Soleman, adalah kebijakan umum direksi tahun 2020, dalam hal penguatan teknologi informasi dalam mendukung pertumbuhan bisnis dan pengendalian layanan operasional untuk efisiensi yang dijabarkan melalui pengembangan elektronifokasi atau digitaliasi Bank NTT.

“Sistem ini juga mendukung program pemerintah dalam pencegahan penyebaran penyebaran virus korona atau Covid-19. Pembayaran tidak harus datang ke bank dengan memegang fisik uang, tapi cukup melalui aplikasi. Ini lebih efektif, efisien, dan transparan,” ujar Soleman.

Dia juga menjelaskan, tujuanya meningkatkan kualitas serta efisiensi pelayanan Bank NTT dalam hal penerimaan pembayaran tagihan keuangan mahasiswa. Juga mendekatkan pola pelayanan kèpada orang tua mahasiswa yang tersebar tidak hanya di Mangggarai Raya, tapi juga yang ada di luar Manggarai Raya.

“Sejak tahun 2010, Bank NTT telah menerima pembayaran tagihan keuangan mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng. Tapi saat itu masih secara tunai melalui teller yang ada di setiap unit kantor operasional Bank NTT,” katanya.

Soleman berharap, dengan bertambahnya model pembayaran tagihan keuangan mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng, maka orang tua mahasiswa lebih dimudahkan. Selain itu diharapkan mendekatkan pelayanan, dan tidak ada kerumunan atau antrean di bank. Serta mendukung program pemerintah terkait peningkatan transaksi non tunai, dan mendukung pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

Atas nama direksi dan manajemen, Soleman menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Romo Ledobaldus Roling Mujur, Pr., sebagai Ketua Yayasan Santu Paulus Ruteng, dan Romo Yohanes Servatius Lon, Pr., sebagai Rektor Unika yang selalu mendukung kerja sama dan sinergitas Bank NTT Cabang Ruteng dan Unika Santu Paulus Ruteng.

“Kepada semua teman-teman tim kerja di Yayasan Santu Paulus dan Unika Santu Paulus Ruteng, saya juga menyampaikan terima kasih. Sehingga fitur pembayaran tagihan keuangan mahasiswa dapat terlaksana,” ucap Soleman.

Memwakili Unika Santu Paulus Ruteng, Selvianus Hadun, kepada TIMEXKUPANG.com mengatakan, sistem pembayaran biaya kuliah dan jenis tagihan lain di lembaga Unika Santu Paulus Ruteng yang disediakan dari programmer Bank NTT, sangat membantu mahasiswa. Karena tidak perlu lagi datang antre di bank atau kampus.

“Sistem pembayaran seperti ini, sangat bagus. Mahasiswa dapat mengakses langsung dari mobile banking yang tersedia di HP mereka. Tidak lagi harus membayar uang transportasi untuk datang ke kampus dan bank. Disini terjadi hemat waktu, biaya, dan hemat energi,” kata Hadun.

Menurutnya, sistem pembayaran melalui mobile banking, selain memberi kemudahan bagi mahasiswa, tentunya juga  sangat demanding. Dimana mahasiswa dituntut untuk memiliki android Mobile, IT skill, dan lainnya. Apalagi di masa pandemi Covid-19, aktivitas perkuliahan di Unika Santu Paulus dilakukan secara online atau virtual.

“Karena kuliah secara virtual, maka disini semua mahasiswa memiliki android. Sistem pembayaran uang kuliah melalui aplikasi yang ada di HP, membantu orang mahasiswa untuk mengetahui jenis-jenis pembayaran apa saja yang dibutuhkan anaknya di kampus. Sehingga disini anaknya tidak bisa menipu,” bilangnya. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top