Pemkot Bebaskan Biaya Izin Usaha, Kecuali Tiga Jenis Izin Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkot Bebaskan Biaya Izin Usaha, Kecuali Tiga Jenis Izin Ini


Kadis Penanaman Modal dan Perizinan Kota Kupang, Frengky Amalo (FOTO: Stevanie Irmania Rianghepat/TIMEX)

BISNIS

Pemkot Bebaskan Biaya Izin Usaha, Kecuali Tiga Jenis Izin Ini


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang terus memberi kemudahan usaha bagi investor yang ingin berinvestasi di wilayah Ibukota Provinsi NTT ini. Selain mempermudah proses pengurusan, Pemkot Kupang juga membebaskan sebagian besar biaya administrasi pengurusan surat izin usaha bagi investor.

“Hanya ada tiga jenis surat izin usaha yang dipungut biaya administrasinya, yakni Izin Membangun Rumah (IMB), izin trayek, dan SITU M,” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Kupang, Frengky Amalo saat ditemui wartawan di ruang kerjanya Selasa (20/10) siang.

Menurut Frengky, beberapa waktu lalu, ada sejumlah jenis izin usaha yang membutuhkan biaya administrasi seperti Surat Tanda Daftar Gudang (TDG), surat Tanda Daftar Industri (TDI) SIUP MB dan fiskal. Namun saat ini, sejumlah izin tersebut tidak berbayar lagi alias gratis setelah ada instruksi Wali Kota Kupang.

BACA JUGA: Kabar Gembira dari Dinas PMPTSP Bagi Pelaku Usaha yang Mau Urus Izin di Kota Kupang

“Ini semua sebagai bentuk insentif pemerintah kepada investor untuk mendorong pertumbuhan investasi di Kota Kupang,” jelasnya.

Masih menurut Frengky, Pemkot Kupang juga memberlakukan sistem pengurusan surat secara online untuk 28 jenis surat izin usaha, antara lain IMB, SIUP, TDP (Tanda Daftar Pariwisata), TDG (Tanda Daftar Gudang) dan lainnya.

“Ada surat izin tertentu yang proses manual seperti perpanjangan surat izin usaha, itupun prosesnya tidak butuh waktu lama, cukup lima atau sepuluh menit saja urusannya sudah selesai,” jelas Amalo. (ogi)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top