Andmesh Bersyukur Musisi Kini Makin Kreatif Berkat Platform Digital | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Andmesh Bersyukur Musisi Kini Makin Kreatif Berkat Platform Digital


Andmesh Kamaleng dalam konferensi pers virtual, Selasa (20/10). (Zoom)

ENTERTAINMENT

Andmesh Bersyukur Musisi Kini Makin Kreatif Berkat Platform Digital


SOSOK penyanyi asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Andmesh Kamaleng, merasakan keuntungan yang luar biasa hadir di era digital. Sebab saat ini musisi semakin dimudahkan dengan adanya wadah platform digital.

Pada momen perayaan 5 tahun di Indonesia bersama JOOX Andmesh mengatakan kini dia bisa lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan seluruh pendengar musiknya. Dengan menggunakan platform digital membuat berbagai kemudahan untuk para musisi menyapa penggemarnya.

“Kami bisa komunikasi dua arah antara musisi dan penggemarnya. Berbeda dengan zaman dulu,” kata Andmesh dalam konferensi pers virtual, Selasa (20/10).

Andmesh bahkan sempat menyabet penghargaan dari JOOX Malaysia berkat lagu ‘Hanya Rindu’. Dia mendorong semua musisi untuk lebih semangat dan kreatif dalam berkarya sebab kini eranya semakin mudah untuk berkarya.

“Hadirnya platform streaming musik semakin memudahkan para musisi untuk mempromosikan lagu dan menjangkau lebih banyak pendengar tanpa adanya batasan. Dengan begitu, kami sebagai musisi juga semakin semangat untuk menghasilkan karya musik yang berkualitas bagi seluruh penikmat musik tanah air,” ujar Andmesh.

Pemerhati Musik Wendi Putranto membenarkan bahwa platform digital sebagai salah satu pendorong munculnya musisi-musisi baru yang mampu menghadirkan beragam karya berkualitas. Menurutnya belakangan ini, platform streaming musik sangat digandrungi masyarakat karena dirasa dapat memudahkan mereka menemukan dan mendengarkan lagu yang sesuai dengan selera mereka.

“Platform ini pun diandalkan para musisi dalam mengenalkan karya mereka karena adanya pemanfaatan teknologi machine learning yang mampu merekomendasikan musik mereka kepada audiens yang tepat,” kata Wendi.

Menurutnya, beragam fitur interaktif yang ditawarkan juga memungkinkan musisi berinteraksi dengan audiens di mana pun mereka berada. Hal tersebut pastinya sangat mendorong perkembangan musik tanah air.

“Lihat saja lima tahun belakangan ini, banyak musisi baru Indonesia yang muncul menghadirkan karya berkualitas dengan genre musik yang semakin beragam,” jelas Wendi.

Head of JOOX Indonesia, Peter May menilai pengguna semakin menggandrungi musik Indonesia seiring dengan meningkatnya local pride masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari total konsumsi lagu Indonesia yang meroket 300 persen dibandingkan tahun pertama.

“Kami mencatat porsi musik Indonesia yang semakin mendominasi jajaran top chart dari tahun ke tahun. Di tahun 2020 ini, lagu Indonesia menduduki 80 persen top chart, empat kali lipat dari tahun 2016,” tutur Peter.

Musik dangdut saat ini juga semakin diapresiasi oleh seluruh kalangan masyarakat dari segala usia yang ditandai dengan kenaikan konsumsi hingga 3 kali lipat dari tahun sebelumnya. Sejak 2019, ada pula perkembangan signifikan dari musisi-musisi indie.

“Kami mendorong musisi, komunitas, dan pelaku industri untuk dapat terus menghasilkan karya inspiratif guna memajukan ekosistem industri kreatif Indonesia,” tutupnya. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya ENTERTAINMENT

Populer

To Top