Ini Jumlah Pemilih Pilkada Ngada Hasil Pleno Penetapan DPT oleh KPU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ini Jumlah Pemilih Pilkada Ngada Hasil Pleno Penetapan DPT oleh KPU


PLENO PENETAPAN DPT. Suasana Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT Pilkada Ngada tahun 2020 di aula KPU Ngada, Selasa (20/10). (FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

POLITIK

Ini Jumlah Pemilih Pilkada Ngada Hasil Pleno Penetapan DPT oleh KPU


BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ngada yang akan digelar secara serentak pada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngada merilis Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil pleno penetapan lembaga penyelenggara Pemilu itu, Selasa (20/10)

Juru Bicara KPU Ngada, Aloysius Raubata, S.Sos saat dihubungi TIMEX, Rabu (21/10) mengatakan, KPU Ngada telah menetapkan sebanyak 111.416 pemilih sebagai DPT Pilkada 2020 dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

“Jumlah pemilih tetap ini totalnya yaitu 11.416 jiwa. Rinciannya pemilih laki-laki sebanyak 53.898 orang, sedangkan pemilih perempuan sebanyak 47.518 orang,” ungkap Aloysius.

Aloysius menambahkan, proses pemutahiran data pemilih dilakukan secara bersama-sama antara KPU, Bawaslu dan tim penghubung masing-masing pasangan calon (Paslon). “Jadi dapat diterima oleh seluruh pihak tersebut,” katanya.

Terkait pemilih yang belum masuk dalam DPT, Aloysius menjelaskan bahwa yang wajib pilih namun namanya belum masuk dalam DPT, tetap dapat gunakan hak pilihnya dengan membawa atau menunjukan e-KTP sesuai alamat di TPS ketika hari pencoblosan. Pemilih tersebut masuk dalam kategori Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan jam untuk mencoblos pada pukul 12.00 WITA sampai 13.00 WITA pada 9 Desember mendatang.

Di Kabupaten Ngada, terdapat 357 Tempat Pemungutan Suara (TPS), tersebar di 151 desa/kelurahan di 12 kecamatan.

“Sebelum penetapan DPT, KPU Ngada dapat menerima masukan sepanjang masukan disertai data otentik dan elemen data yang lengkap dan utuh,” ungkapnya.

“Dengan ditetapkannya DPT ini, pihak KPU Ngada sudah bisa memproses logistik yakni surat suara, formulir, dan semua kelengkapan TPS,” tambah Komisioner KPU Ngada yang membidangi Divisi Program dan Data, Saiful Amri M. P. Sila.

Ketua KPU Ngada, Stanislaus Neke, SE mengucapkan limpah terima kasih kepada semua stakeholder yang berperan dalam Pilkada Ngada tahun 2020 hingga proses penetapan DPT ini.

“Profisiat bagi rekan-rekan PPS, PDK, rekan-rekan PPK dan Panwascam yang telah sukses menyelesaikan pleno DPSHP pada setiap tingkatannya. Juga bagi sahabat-sahabat Ketua dan anggota Bawaslu dan tim kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati ngada tahun 2020,” tutupnya.

Terpantau media ini, pleno penetapan DPT ini dihadiri Ketua, Komisioner dan Sekretaris KPU Ngada, PPK se Kabupaten Ngada, Bawaslu Ngada, Panwascam Ngada, Kabid Disdukcapil Kabupaten Ngada dan tim penghubung paslon Bupati-Wakil Bupati Ngada Tahun 2020. (*)

Penulis: Saver Bhula

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top