Serapan Anggaran Insentif Pajak Masih 24,6 Persen | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Serapan Anggaran Insentif Pajak Masih 24,6 Persen


Menkeu, Sri Mulyani Indrawati. (FOTO: Hendra Eka/JawaPos.com)

BISNIS

Serapan Anggaran Insentif Pajak Masih 24,6 Persen


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, serapan anggaran insentif perpajakan masih 24,6 persen untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN). Persentase tersebut dari dana yang dialokasikan sebesar Rp 120,6 triliun.

“Sampai hari ini jumlah yang digunakan masih teralisir di bawah Rp 30 triliun atau 24,6 persen,” ujarnya dalam acara Spectaxcular 2020 Virtual Festival, Jumat (23/10).

Sri Mulyani memaparkan, realisasi pencairan tersebut antara lain berasal dari insentif pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 atau pajak karyawan yang ditanggung pemerintah (DTP), saat ini nilainya sudah Rp 2,18 triliun. Selanjutnya pembebasan PPh 22 impor yang sudah mencapai Rp 7,3 triliun.

Selain itu, lanjutnya, ada percepatan pembayaran restitusi, hingga pemberian insentif pengurangan cicilan angsuran hingga 50 persen yang sudah mencapai Rp 10,2 triliun. Lalu, pemerintah juga menurunkan tarif pajak badan atau PPh Badan.

Sehingga, Sri Mulyani meminta kepada seluruh pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tetap terus berupaya mengumpulkan penerimaan pajak di tengah situasi yang sulit karena pandemi Covid-19 yang masih belum tahu kapan berakhirnya.

“Satu sisi anda semua harus melakukan tugasnya yaitu mengumpulkan penerimaan pajak dan wajib pajak dalam situasi sangat sulit,” tuturnya. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top