Cegah Stunting, Bunda Julie Bantu Makanan Tambahan untuk Ibu Hamil dan Balita di Matim | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cegah Stunting, Bunda Julie Bantu Makanan Tambahan untuk Ibu Hamil dan Balita di Matim


SERAHKAN BANTUAN. Ketua TP PKK NTT yang juga Anggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat saat menyerahkan bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita kepada Ketua TP PKK Matim, Theresia Wisang-Agas, di Rujab Bupati Matim, Sabtu (24/10) malam. Turut menyaksikan Bupati Agas Andreas, dan Wakil Bupati Stef Jaghur. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Cegah Stunting, Bunda Julie Bantu Makanan Tambahan untuk Ibu Hamil dan Balita di Matim


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), mendapat bantuan makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita dari anggota DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat, yang diserahkan pada Sabtu (24/10) malam.

Bantuan yang diserahkan istri Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) itu diterima Ketua TP PKK Matim, Theresia Wisang-Agas, di aula rumah jabatan Bupati Matim, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong. Turut menyaksikan penyerahan bantuan ini, Bupati Matim, Agas Andreas, Wakil Bupati, Jaghur Stefanus, dan pengurus TP PKK Matim.

“Bantuan ini adalah asupan gizi tambahan untuk ibu hamil dan balita. Asupan gizi ini penting, karena stunting di NTT buruk sekali. Sehingga saya butuh anak balita dan bayi yang masih dalam kandungan harus mendapat asupan gizi yang cukup,” ujar sosok yang akrab disapa Bunda Julie kepada wartawan usai penyerahan bantuan.

Bunda Julie mengatakan, ibu hamil sangat perlu diberi asupan gizi, supaya saat lahir bayinya sehat dan bisa bertumbuh dengan baik, juga menjadi anak cerdas.

Menurutnya alam dan budaya di NTT sangat kaya. Tetapi masalah stunting masih tertinggi di Indonesia. Selain itu SDM juga masih sangat rendah.

TP PKK NTT dan kabupaten, kata Bunda Julie, saat ini fokus meningkatkan SDM di NTT. Tujuannya agar dapat menopang program gubernur dan bupati/walikota. Kata dia, PKK di seluruh NTT sangat kompak dan sigap. Khusus Matim, sangat aktif menekan angka stunting dan masalah gizi buruk.

Ketua TP PKK Kabupaten Matim, Theresia Wisang-Agas, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bunda Julie sebagai anggota DPR RI yang sudah membantu Kabupaten Matim dengan memberi makanan tambahan bergizi bagi balita dan ibu hamil di wilayah itu. “Bantuan itu sangat penting ibu hamil dan mencegah stunting,” katanya.

Theria mengatakan, jika terpenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, maka diharapkan bayi yang lahir itu sehat dan tidak stunting, juga tumbuh menjadi anak yang cerdas. Balita juga wajib diberi asupan gizi, supaya tidak terjadi gizi buruk. Sehingga upaya pemenuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan 1000 HPK, teratasi sejak dari dalam kandungan sampai berumur dua tahun.

Menurut Theresia, ibu hamil ini harus memberi makan untuk dua orang. Baik untuk dirinya sendiri juga untuk bayi. Kadang dalam kondisi tertentu si ibu hamil bisa kekurangan asupan zat-zat makanan. Diharapkan dengan adanya pemberian makanan tambahan, ibu hamil ini bisa meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh menghadapi persalinan.

“Kita sangat bersyukur dengan Ibu Julie yang sudah peduli dengan anak-anak balita dan ibu Hamil di Matim. Karena jumlahnya terbatas, maka pemberian makanan tambahan ini kita prioritaskan di tujuh wilayah desa stunting, desa model provinsi, desa model kabupaten, dan desa model kecamatan,” jelas Theresia.

Dalam waktu dekat, tambah Theresia, makanan tambahan itu akan didistribusikan. TP PKK Matim akan selalu siap membantu melaksanakan program-program pemerintah. Tujuananya adalah untuk menciptakan kesejahteran masyarakat. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top