Seorang Prajurit TNI di TTU Terkonfirmasi Positif Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Seorang Prajurit TNI di TTU Terkonfirmasi Positif Covid-19


Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Seorang Prajurit TNI di TTU Terkonfirmasi Positif Covid-19


Tim Gugus Tugas Sterilkan Area Kompi dengan Disinfektan

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Seorang Prajurit TNI di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 hasil pemeriksaan Laboratorium Biomolekuler Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang pada Sabtu (24/10).

Pasien positif Covid-19 tersebut merupakan organik pada Kompi Senapan C Raider Khusus 744/SYB yang sebelumnya melakukan perjalanan ke Provinsi Bali, Kota Kupang, dan Kabupaten Belu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat kepada Timor Express, Senin (26/10) mengatakan, pasien tersebut pada awal bulan Agustus 2020 menyelesaikan pendidikan Secaba Regional di Rindam IX/Udayana Kabupaten Tabanan, Bali.

Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu kembali ke Kota Kupang untuk menjalani masa penampungan di Korem 161/WS.

Selanjutnya, sekira bulan September 2020, yang bersangkutan kembali mengikuti pendidikan kecabangan di Dodiklatpur, Kabupaten Singaraja, Provinsi Bali dan kembali ke Kota Kupang pada awal bulan Oktober 2020.

Selain melakukan perjalanan ke Bali, saat kembali ke Kompi Senapan C Raidersus 744/SYB, Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan, pasien tersebut melakukan perjalanan ke Kabupaten Kupang dan Belu.

Setelah itu, pada 15 Oktober 2020, pasien tersebut mengalami batuk, demam, dan nyeri pada tenggorokan sehingga pada 17 Oktober 2020, yang bersangkutan menjalani rapid test di Puskesmas Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu. Hasil rapid tesnya dinyatakan reaktif.

Karena hasil rapid test-nya reaktif, Lanjut Kristo, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 TTU langsung menjemput pasien tersebut untuk menjalani masa karantina di Rusunawa BTN, Desa Naiola.

“Hasil rapid test-nya reaktif dan hasil swab juga dinyatakan positif Covid-19 sehingga pasien tersebut langsung diamankan dan dikarantina di Rusunawa BTN,” jelasnya.

Kristoforus menambahkan, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 TTU pun telah melakukan sterilisasi di area Kompi Senapan C Raider Khusus 744/SYB guna memutus mata rantai penyebaran virus korona ini.

Selain itu juga, lanjut Kristoforus, Tim Gugus Tugas melakukan tracking terhadap orang-orang yang sudah melakukan kontak erat dengan pasien tersebut, khususnya bagi keluarga pasien dan anggota Kompi C Yonif Raider Khusus 744/SYB.

“Kita sudah semprot Disinfektan di seluruh area Kompi Senapan C Raidersus 744/SYB. Kita sementara melakukan tracking terhadap orang yang kontak erat dengan pasien tersebut,” ungkapnya.

Kristoforus berharap kepada seluruh masyarakat di TTU agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sehingga dapat memotong mata rantai penyebaran virus mematikan ini di Bumi Biinmafo. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top