102 Rumah Warga TTU Rusak Akibat Bencana | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

102 Rumah Warga TTU Rusak Akibat Bencana


Kepala BPBD TTU, Yosefina Lake. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

102 Rumah Warga TTU Rusak Akibat Bencana


Akibat Bencana Kebakaran dan Angin Puting Beliung

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 102 unit rumah milik warga di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengalami kerusakan akibat bencana kebakaran maupun angin kencang yang melanda wilayah setempat sejak awal Januari hingga Oktober 2020 ini.

Sesuai data yang dihimpun Timor Express dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU, tercatat sebanyak 74 rumah warga TTU mengalami bencana kebakaran, dan sebanyak 28 rumah warga lainnya mengalami kerusakan akibat bencana angin puting beliung.

Kepala BPBD TTU, Yosefina Lake Kepada Timor Express, Kamis (29/10) menyebutkan, kerusakan ratusan rumah warga tersebut menyebar di 24 Kecamatan di wilayah Kabupaten TTU.

“Kerusakan ini menyebar di 24 kecamatan. Yang paling parah itu di arah Pantai Utara. Akhir-akhir ini di Kecamatan Kota juga sudah mulai banyak rumah warga yang rusak,” beber Yosefina.

BACA JUGA: 8 Bangunan Tempat Usaha di TTU Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Yosefina menambahkan, kerusakan rumah warga akibat bencana kebakaran tersebut disebabkan oleh kelalaian dari warga sendiri yang tidak memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman ketika ditinggalkan.

Sementara angka kebakaran akibat korsleting listrik, kata Yosefina, rumah warga yang rusak jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah rumah warga yang mengalami kebakaran akibat kelalaian dari warga sendiri.

“Tuan rumah sering lupa memadamkan api, baik itu di tungku masak ataupun lilin saat hendak tidur atau keluar bepergian sehingga mayoritas rumah yang terbakar itu karena kelalaian sendiri,” jelasnya.

Kendati demikian, Yosefina mengimbau seluruh masyarakat TTU untuk lebih waspada dan memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman dan tidak ada lagi api yang masih belum dipadamkan sebelum meninggalkan rumah. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

Populer

To Top