Angin Puting Beliung Rusakkan 11 Rumah Warga Desa Kabuna | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Angin Puting Beliung Rusakkan 11 Rumah Warga Desa Kabuna


TERTIMPA BENCANA. Sejumlah warga Desa Kabuna sedang membersihkan puing-puing bangunan yang rusak akibat terpaan angin puting beliung, Rabu (28/10). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Angin Puting Beliung Rusakkan 11 Rumah Warga Desa Kabuna


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 11 unit rumah warga di Dusun Salala, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, rusak parah akibat diterjang angin puting beliung. Bencana angin kencang itu terjadi Rabu (28/10) sekitar pukul 01.00 siang, tepatnya di RT 01 dan RT 2 Dusun Salala, Desa Kabuna.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah korban saat ditemui di lokasi kejadian menyebutkan, peristiwa ini diawali dengan hujan deras disertai angin kencang. Beberapa saat kemudian, muncul kabut disertai angin kencang menutupi rumah warga. Warga panik sehingga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Jon Monis, salah satu korban angin puting beliung menuturkan, saat kejadian sempat terkena reruntuhan banguan rumahnya. Namun ia berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan barang-barang milikinya tidak berhasil di selamatkan karena ketakutan angin kencang.

“Kami kaget tiba-tiba hujan disertai angin kencang datang. Rumah saya roboh rata dengan tanah. Termasuk rumah warga lainnya juga roboh. Boleh lihat sendiri kondisi rumah warga,” sebutnya sambil menunjukkan rumahnya yang roboh itu.

Jon menuturkan, saat itu ia tidak bisa berbuat banyak. Mereka hanya fokus menyelamatkan diri agar tak tertimpa reruntuhan bangunan. Akibat musibah itu, Jon bersama keluarganya terpaksa mengungsi ke rumah tetangga. Ia berharap segara mendapat bantuan pemerintah karena kondisi rumah rusak sehingga untuk pakaian dan makanan mereka kesulitan.

Kepala Dusun Salala, Fransisko Bere ketika ditemui di lokasi kejadian menuturkan peristiwa yang menimpa warganya tidak menimbulkan korban jiwa. Tetapi kondisi rumah tempat tinggal roboh diterjang angin. Sebanyak 11 rumah warga kondisi parah, sehingga warga yang mengalami kejadian ini terpaksa mengungsi di rumah tetangga sekitar.

Menurut Fransisko, pasca kejadian ini pihak Pemerintahan Desa Kabuna, sudah melapor ke kabupaten sehingga Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belu sudah datang ke lokasi untuk memantau dan mendata kerusakan yang ada.

“Tim dari Kabupaten sudah turun pantau dan data. Tetapi penangan bantuan sampai hari ini belum ada,” sebutnya. (mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

Populer

To Top