Kakak-Beradik dari TTS Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Bank NTT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kakak-Beradik dari TTS Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Bank NTT


SERAHKAN HADIAH. Dirut Kepatuhan Bank NTT, Hilarius Minggu (kedua kiri) pose bersama pemenang lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA usai menyerahkan piala dan hadiah lainnya di Lantai V Kantor Pusat Bank NTT, Jl. W. J. Lalamentik, Rabu (28/10). (FOTO: Borgias Kollo/TIMEX)

BISNIS

Kakak-Beradik dari TTS Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Bank NTT


KUPANG TIMEXKUPANG.com-Dua orang pelajar asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang merupakan kakak beradik berhasil menjuarai lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan Bank NTT. Dua orang pelajar sekandung itu, yakni Stevie Cecilya Nombala, siswi SMA Negeri 1 SoE, dan Viona Victoria Nombala, siswi SMP Negeri 1 SoE.

Stevie Cecilya Nombala meraih juara pertama lomba karya tulis ilmiah berjudul “Bertransaksi Non Tunai di Bank NTT Sama dengan Membangun NTT”, sedangkan adiknya Viona Victoria Nombala meraih peringkat III dengan karya berjudul “Menjadi Generasi Muda yang Inovatif Melalui Program Dia Bisa.”

Selain prestasi kedua anak TTS tersebut, panitia juga mengumumkan pretasi yang diraih 11 peserta lomba lainnya. Diantaranya, untuk tingkat SMP, peringkat pertama diraih siswa SMP Katolik Giovani Kupang, Yosep Copertino Tupen Wahon, disusul siswa SMP Katolik St. Vianey SoE, Maria Alesandro Augutino Varel Fanda.

Sementara peringkat II lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA diraih siswa SMA Negeri 1 Rote Barat Daya, Faeri Mori Dadi Nalle, dan peringkat III, diraih siswi SMA Negeri 1 Waingapu, Brigite Hobartin Nadile Bulu Mone.

Khusus lomba karya tulis ilmiah antar mahasiswa, juara 1 diraih mahasiswa Unwira Kupang, Yohanes Ronaldo Dheo Rato, menyusul mahasiswa Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Yulius Ninu Badin, dan mahasiswa Undana Kupang, Emris Yeverson Kaja Jade diperingkat ketiga.

Sedangkan untuk lomba video edukatif, juara 1 diraih Anugerah U. J. Waang dari Kantor Cabang Bank NTT Waikabubak, disusul Crispianus M. K. Sableku dari Kantor Cabang Khusus Kupang, dan peringkat III diraih Grace Ndaomanu dari Kantor Cabang Bank NTT Rote Ndao. Sementara juara harapan diraih Roky Daniel Kopung dari Kantor Cabang Utama Kupang.

Ketua Tim Juri, Pater Gregor Neonbasu, SVD dalam sambutannya mengakui pelaksaan lomba yang digelar PT. Bank Pembangunan Daerah NTT tahun ini cukup khas dari tahun sebelumnya. “Kalau tahun lalu juaranya adalah seroang anak disabilitas, maka tahun ini lebih khas lagi karena juara I dan III diraih kakak beradik. Kakaknya juara I untuk lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA, sedangkan adiknya juara III untuk tingkat SMP,” ungkap Peter Gregor.

Sementara itu Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho dalam sambutannya menjelaskan lomba Karya Tulis Ilmiah dan lomba Video Edukatif Bank NTT tahun 2020 yang digelar sejak awal tahun ini sesuai rencana hasilnya diumumkan pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2020 lalu, dan hasil lomba Video Edukatif Bank NTT diumumkan bertepatan dengan peringatan HUT ke-58 Bank NTT tanggal 17 Juli lalu. Namun semua rencana berubah akibat pandemi Covid-19.

“Tapi tidak apa-apa pengumuman sore ini juga bertepatan dengan sebuah momen penting yaitu bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tanggal 28 Oktober 2020. Ini juga momen bersejarah yang penting untuk perjalanan bangsa Indonesia,” kata Alex Riwu Kaho.

Dijelaskan, dua kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu bersamaan dalam kemasan Program Ramai Sekali ini merupakan sebuah gerakan edukasi dan literasi keuangan tentang strategi nasional keuangan inklusi dan kegiatan yang dicanangkan OJK yaitu Bulan Inklusi Keuangan yang dilaksanakan setiap bulan Oktober.

“Kami di Bank NTT terjemahkan dalam bentuk lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Video Edukatif Bank NTT, dimana pesertanya dari berbagai tingkatan pendidikan di NTT mulai dari SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi termasuk masyarakat umum,” jelas Alex.

“Tujuannya tentu antara lain mengukir banyak karya anak muda di era milenial untuk menumbuhkembangkan karya dalam bentuk tulisan ilmiah dan video edukatif,” tambah Alex yang baru beberapa hari memangku jabatan sebagai Dirut Bank NTT ini. (ogi)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya BISNIS

Populer

To Top