Pemkab TTU Mutasi Sejumlah Sekdes, DPRD Menilai Begini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab TTU Mutasi Sejumlah Sekdes, DPRD Menilai Begini


Ketua DPC Partai Demokrat TTU, Yohanes Salem. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Pemkab TTU Mutasi Sejumlah Sekdes, DPRD Menilai Begini


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) memutasi sejumlah Sekertaris Desa (Sekdes) yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) ke tempat tugas yang baru. Meski demikian, oleh lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) TTU, proses mutasi ini dinilai bermuatan politis. Pasalnya dilakukan bertepatan dengan momentum politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) TTU 2020.

DPRD TTU menilai, proses mutasi yang dilakukan Pemkab tersebut sebagai sebuah teror dari pemimpin saat ini dalam memuluskan dukungan politik salah satu calon Bupati TTU di Pilkada serentak 2020 ini.

Sekertaris Fraksi Ampera DPRD TTU, Yohanes Salem kepada Timor Express, Kamis (29/10) mengatakan, proses mutasi yang dilakukan oleh pejabat pembina kepegawaian Kabupaten TTU terhadap sejumlah Sekdes dinilai sangat krusial.

Ironisnya, Proses mutasi dilakukan menjelang akhir tahun dan bertepatan dengan momentum politik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati TTU yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Kita sangat prihatin karena dilakukan menjelang akhir tahun dan yang paling krusial justru dilakukan menjelang Pilkada TTU, dimana semua elemen harus menjaga suasana agar tetap kondusif, aman, dan damai,” sesal Yohanes Salem.

Ketua DPC Partai Demokrat TTU itu juga mempertanyakan alasan Pejabat Pembina Kepegawaian dalam melakukan mutasi ini. “Mengapa baru dilakukan saat bertepatan dengan momentum politik seperti saat sekarang?” tanya Yohanes.

Padahal, lanjut Yohanes Salem, proses mutasi terhadap sejumlah ASN itu seharusnya bersifat pembinaan bagi yang melakukan pelanggaran, pengisian kekosongan bagi jabatan yang kosong, dan promosi sehingga proses mutasi tidak dinilai sebagai sebuah penyiksaan.

“Sebagai seorang politisi, kami menduga ada motif politik dalam mutasi sejumlah Sekertaris Desa ini terutama untuk memuluskan dukungan politik kepada istri Bupati TTU Kristiana Muki di Pilkada TTU 2020 ini,” ungkapnya.

Menurut Yohanes, Proses mutasi terhadap sejumlah ASN yang dilakukan saat ini dinilai bukan lagi bersifat pembinaan namun lebih didominasi pertimbangan pribadi karena alasan tertentu yg sangat subyektif dan bahkan mengarah kepada hukuman tanpa proses dan tanpa pertimbangan kemanusiaan.

Bahkan, sudah banyak ASN yang telah menjadi korban dan dimutasi ketempat yang jauh bahkan sangat jauh dari keluarganya. Kebijakan ini bahkan sudah menjadi rahasia umum di TTU bahwa ASN yg berani berlawanan dengan arah dan kebijakan penguasa harus siap untuk dimutasi ketempat yang paling jauh dari keluarga.

“Kami sangat prihatin dengan kejadian ini dan menaruh harapan kepada para kandidat yang saat ini sedang bertarung menjadi Bupati dan Wakil bupati agar setelah terpilih kelak dalam melakukan rotasi harus mempertimbangkan azas efektifitas, efisiensi, dan kemanusiaan karena salah satu dampak langsung yang terlihat secara kasat mata selama ini adalah memisahkan yang bersangkutan dari keluarga seperti yang telah terjadi terhadap ASN termasuk para guru,” bebernya.

Sebagai salah satu fraksi di DPRD TTU, Yohanes menyatakan pihaknya akan mempertanyakan masalah ini melalui forum-forum DPRD agar dapat disikapi secara kelembagaan.

“Jangan lagi menebar ketakutan dikalangan ASN dan aparat desa menjelang pelaksanaan Pilkada tanggal 9 Desember 2020. Mari kita bersama-sama menjaga rasa kekeluargaan, persatuan dan kebersamaan sebagai keluarga besar Biinmaffo,” pungkasnya.

Sementara, Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) TTU, Fransiskus Tilis ketika dikonfirmasi Timor Express melalui telepon selulernya belum merespon hingga berita ini di-publish. (mg26)

Sekertaris Desa yang Dimutasi:

1. Agustinus To, Jabatan Lama Sekertaris Desa Noebaun Kecamatan Noemuti dimutasi jadi Sekertaris Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara

2. Eben Stefanus, Jabatan Lama Sekertaris Desa Taunbaen, Kecamatan Biboki Utara Dimutasi jadi Sekertaris Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti

3. Wilfridus Nailai, Jabatan Lama Sekertaris Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara, Dimutasi ke Desa Noebaun, Kecamatan Noemuti.

4. Vinsensius Nobe, Jabatan Lama Sekertaris Desa Maukabatan, Kecamatan Biboki Anleu Dimutasi jadi Sekertaris Desa Saenam, Kecamatan Miomaffo Barat.

5. Sekertaris Desa Saenam, Kecamatan Miomaffo Barat

6. Maria Yosefa Meko, Jabatan Lama Sekertaris Desa Manamas, Kecamatan Naibenu, Dipindahkan ke Naekake

7. Damianus Opat, Jabatan Lama Sekertaris Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan dimutasi jadi Sekertaris Desa Ainan, Kecamatan Insana.

8. Sekertaris Desa Ainan, Kecamatan Insana

Sumber: Data Hasil Olahan Timor Express

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top