Bold Riders Kupang Gelar Donor Darah dan Edukasi Protokol Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bold Riders Kupang Gelar Donor Darah dan Edukasi Protokol Covid-19


DONOR DARAH. Komunitas Bold Riders Kupang bersama JCI Chapter Kupang, dan ICI Chapter Kupang gelar kegiatan darah dan edukasi prokotokol kesehatan di Kota Kupang, Senin (26/10). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Bold Riders Kupang Gelar Donor Darah dan Edukasi Protokol Covid-19


Kolaborasi dengan Sejumlah Komunitas

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Komunitas Bold Riders Kupang berkolaborasi dengan sejumlah komunitas menggelar dua kegiatan bersama sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat disaat pandemi Covid-19 yang masih terus terjadi saat ini.

Kegiatan yang digelar komunitas ini berupa aksi donor darah dan edukasi kepada pedagang serta pengunjung pasar tradisional untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Koordinator Bold Riders Kupang, Grandhis Gumelar, di Kupang, Senin (26/10) lalu menjelaksan, aksi donor darah ini sebagai upaya memenuhi keperluan darah di PMI yang kian menipis di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Kegiatan ini juga didukung oleh CBR Riders Kupang, JCI (Juventus Club Indonesia) Chapter Kupang, serta ICI (Inter Club Indonesia) Kupang.

“Kegiatan yang melibatkan gabungan komunitas baru ini dilakukan. Kami bangga bisa menjadi bagian dari pendonor,” kata Grandhis.

Kegiatan gabungan komunitas ini diawali dengan menyambangi pasar-pasar tradisional di Kupang untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pengunjung pasar untuk menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19, seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan atau pakai hand sanitizer. Selain sosialisasi dan edukasi, mereka juga membagikan masker kepada warga.

Usai giat edukasi, anak-anak muda ini melanjutkan dengan melakukan aksi donor darah, dimana berhasil mengumpulkan 41 kantong darah.

“Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi dan membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Kami gembira dan bersyukur bisa meringankan sesama,” ujarnya.

Kegiatan donor darah ini sendiri merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (rum)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top