Bupati TTU Copot Plt Kepala Inspektorat Juga 2 Camat dan 2 Lurah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati TTU Copot Plt Kepala Inspektorat Juga 2 Camat dan 2 Lurah


Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Bupati TTU Copot Plt Kepala Inspektorat Juga 2 Camat dan 2 Lurah


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Hanya berselang beberapa hari setelah memutasi sejumlah Sekretaris Desa (Sekdes), Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Sau Fernandes kembali melakukan perombakan struktur pemerintahan yang ia pimpin.

Mirisnya perombakan kali ini tampak sedikit ekstrim karena Bupati Raymundus mencopot atau menonjobkan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menduduki jabatan Eselon II dan Eselon III di Lingkup Pemkab TTU.

Sesuai data yang dihimpun Timor Express, ASN yang dinonjobkan tersebut terdiri dari seorang pelaksana tugas Kepala Inspektorat, dua camat dan dua lurah. Mereka adalah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Inspektorat Daerah TTU, Yohanes Bastian, Camat Biboki Utara Edmundus Aluman, Camat Mutis Kristo Aby, Lurah Kefa Utara, Wilco Aby, dan Lurah Sasi, Paulus Peter Ego.

Camat Biboki Utara Nonaktif, Edmundus Aluman ketika dikonfirmasi Timor Express melalui telepon seluler, Jumat (30/10) membenarkan dirinya telah menerima surat dari Bupati TTU perihal perhentian tidak dengan hormat atau dinonjobkan dari jabatannya sebagai Camat di Kecamatan Biboki Utara.

Sesuai surat tersebut, pihaknya akan menerima surat Keputusan (SK) Pemberhentian Tidak Dengan Hormat atau dinonjobkan pada Senin (2/11) mendatang yang berlangsung di aula Kantor Bupati TTU.

“Surat sudah ada dan hari Senin baru serah terima jabatan. Saya dinonjobkan dari Jabatan sebagai Camat di Kecamatan Biboki Utara,” ungkap Edmundus.

Edmundus menyatakan tidak tahu menahu alasan di balik pencopotan dirinya sebagai camat. Edmundus tidak mengetahui jenis kesalahan ataupaun pelanggan disiplin ASN yang dilakukan lantaran selama ini tidak pernah melakukan kesalahan.

Bahkan, selama ini pihaknya tidak pernah diperiksa oleh tim dari Pemerintah Daerah sehingga dirinya tidak mengetahui alasan pemberhentian dirinya dari jabatan yang diembannya saat ini.

BACA JUGA: Pemkab TTU Mutasi Sejumlah Sekdes, DPRD Menilai Begini

“Saya pernah dapat sanksi waktu Pemilu namun turun pangkat satu tingkat tapi tidak berpengaruh dengan jabatan saya saat ini, kalau untuk kesalahan lain tidak ada karena saya tidak pernah diperiksa tim dari Pemda TTU,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Camat Mutis nonaktif, Kristo Aby kepada Timor Express, kemarin (30/10).

Menurut Kristo, pihaknya telah menerima surat pemberhentian tidak dengan hormat dari jabatannya sebagai Camat di Kecamatan Mutis dari Bupati TTU.

“Benar saya juga dinonjobkan dari jabatan sebagai camat. Surat sudah saya terima dan hari Senin (2/11) kami sertijab,” ungkap Kristo.

Kristo menambahkan, dirinya tidak mengetahui alasan pemberhentian dari jabatannya sebagai camat karena tidak pernah melakukan pelanggaran disiplin ASN, bahkan tidak pernah terlibat politik praktis.

Meski demikian, sebagai seorang ASN, Kristo mengaku menghargai langkah dan sikap Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes yang menonjobkan dirinya dari jabatan sebagai camat. Dirinya menyatakan siap menjalankan tugas sebagai ASN dimana saja berada.

“Saya tidak pernah diperiksa oleh tim dari Pemda untuk pelanggaran disiplin ASN maupun kesalahan lainnya. Namun sebagai ASN kita siap dan tunduk terhadap sikap dan keputusan Bupati,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Sekda TTU yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Fransiskus Tilis yang dikonfirmasi Timor Express melalui telepon tak merespon. Panggilan telepon media ini tersambung ke ponsel Fransiskus namun tak diangkat. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top