Kunker ke Sumba, Komisioner Bawaslu RI Minta Panwascam Tegas Kawal Tahapan Pilkada 2020 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kunker ke Sumba, Komisioner Bawaslu RI Minta Panwascam Tegas Kawal Tahapan Pilkada 2020


Frederikus Bulu Ladi
Komisioner Bawaslu RI, Fritz E. Siregar (tengah) foto bersama anggota Bawaslu Kabupaten SBD saat kunker ke Pulau Sumba, Sabtu (31/10). (FOTO: FREDY BULU LADI/TIMEX)

POLITIK

Kunker ke Sumba, Komisioner Bawaslu RI Minta Panwascam Tegas Kawal Tahapan Pilkada 2020


TAMBOLAKA, TIMEXKUPANG.com-Komisioner Bawaslu RI, Fritz E. Siregar, SH, LL.M, Ph.D melakukan kunjungan kerja ke Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (31/10). Kunjungan kerja dimulai dari Kabupaten Sumba Timur dan berakhir di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Kunjungan Fritz Siregar ke Pulau Sumba ini sebagai bagian dari kegiatan evaluasi dan supervisi Bawaslu RI sekaligus memastikan kesiapan Bawaslu kabupaten dalam melaksanakan setiap tahapan Pilkada serentak 2020 ini.

Saat melakukan supervisi di Kabupaten Sumba Timur dan Sumba Barat yang melaksanakan Pilkada tahun ini, Fritz E. Siregar menilai bahwa fungsi pengawasan Komisoner Bawaslu Sumba Timur dan Sumba Barat sudah bagus. Apalagi menurutnya sudah dilakukan sosialisasi pelaksanaan setiap tahapan Pilkada.

Selain itu Bawaslu Kabupaten Sumba Timur dan Sumba Barat sudah melaksanakan Bimtek kepada Panwascam untuk memaksimalkan fungsi pengawasan.

“Kegiatan ke Pulau Sumba ini sebenarnya bagian dari memastikan kesiapan kawan-kawan, terlebih yang melaksanakan Pilkada di dua kabupaten, yaitu Sumba Timur dan Sumba Barat, dimana keduanya sudah baik dalam melakukan fungsi pengawasan,” imbuhnya.

Fritz juga berharap agar setiap Panwascam tetap tegas dalam melaksanakan fungsi pengawasan dalam mengawal setiap tahapan Pilkada. “Teman-teman Panwascam harus tegas ketika melaksanakan tugas pengawasan,” tegasnya.

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di NTT, Fritz mengimbau kepada seluruh Bawaslu kabupaten di NTT yang sedang melaksanakan Pilkada agar tegas melaksanakan fungsi pengawasan dengan sebaik mungkin. Dia juga mengingatkan kepada Panwascam agar tidak main-main dalam mengawal pelaksanaan Pilkada di wilayah kecamatan.

Terkait pengawasan penanganan Covid-19, menurut Fritz, ini bukan saja tugas Bawaslu namun menjadi tugas bersama TNI-Polri dan tim Satgas Covid-19 kabupaten.

“Untuk itu dibutuhkan kerja sama Pemda dan juga Forkompinda yang ada untuk mendukung upaya penanganan pencegahan Covid-19,” imbuhnya. (*)

Penulis: Frederikus Bulu Ladi

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top