Lepas 5.000 Ekor Gurami di Wae Musur, Yohanes Rumat: Ini Pilot Project | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lepas 5.000 Ekor Gurami di Wae Musur, Yohanes Rumat: Ini Pilot Project


LEPAS BENIH IKAN. Anggota DPRD NTT, Yohanes Rumat saat melepas ribuan benih ikan gurami ke kolam ikan tawar di Kali Wae Musur, Desa Compang Ndejing, kemarin (30/10). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

POLITIK

Lepas 5.000 Ekor Gurami di Wae Musur, Yohanes Rumat: Ini Pilot Project


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 500 ekor bibit unggul ikan gurami, dilepas ke kolam air tawar di Kali Wae Musur, Desa Compang Ndejing, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Jumat (30/10). Kolam ini dikelola kelompok tani (Poktan) Peternak Wae Musur.

Poktan tersebut dibawah binaan anggota DPRD NTT dari Fraksi PKB, Yohanes Rumat. Termasuk ribuan bibit ikan gurami itu dibantu Yohanes Rumat dan mengandeng Komunitas Organik Indonesia Kabupaten Matim (Eco feed) sebagai sponsor.

Saat melepas ribuan bibit gurami itu, Yohanes Rumat didampingi istrinya. Hadir juga Camat Rana Mese, Maria Anjelina Teme, Ketua TP PKK Kecamatan Rana Mese yang juga mewakili Eco feed, Marsianus Makmur, Ketua Poktan Peternak Wae Musur Yohanes Dembot bersama anggotanya, tokoh masyarakat, dan warga masyarakat Desa Compang Ndejing.

“Kita memberi dorongan dan edukasi kepada seluruh masyarakat di Manggarai Raya. Hari ini, tentu sebagai pilot project yang dimulai dari Compang Ndejing, yakni dari Poktan Peternak Wae Musur,” ujar Yohanes kepada TIMEXKUPANG.com di sela-sela kegiatan pelepasan ikan gurami di Kali Wae Musur, kemarin (30/10).

Yohanes Rumat menjelaskan, inti dari acara pelepasan ikan pada kolam Poktan Peternak Wae Musur ini sebagai bukti juga memberi contoh kepada masyarakat bahwa langkah seperti itu harus dimulai dari hal yang kecil. Sehingga masyarakat memulai dari contoh yang kecil sebelum menuju ke yang paling besar.

Yohanes Rumat juga berjanji bahwa sebagai anggota DPRD NTT, ia akan mencoba memberdayakan dan membantu masyarakat di 23 desa di Kecamatan Rana Mese. Di sini nanti Poktan yang ada diberi bantuan terpal untuk diakali menjadi kolam ikan mini. Selain terpal, juga perlengkapan lain akan dibantu.

“Tidak perlu berpikir kolam yang besar dengan anggaran besar. Cukup dengan buat kolam mini. Setelah itu kita bantu benih ikan dan obat, biar perkembangbiakan ikannya bagus dan menjadi bibit ikan unggul,” katanya.

Apa yang dilakukan saat ini, demikian Yohanes, juga bertujuan merubah pola pikir masyarakat, dari nelayan laut menjadi nelayan ikan air tawar. Hampir pasti selama ini dinas terkait sudah mempunyai program dibidang perikanan, namun belum mengigit dan belum terlalu muncul di tengah masyarakat.

“Dengan kita melepas 5.000 ekor ikan hari ini, berharap 3 bulan ke depan, sudah bisa dipanen dan bibitnya bisa berlimpah-limpah. Hasil dari bibit ini, akan didistribusikan kepada semua Poktan di Manggarai Raya, termasuk desa di Kecamatan Rana Mese,” ungkapnya.

Masih menurut Yohanes, ia juga berencana membantu bibit ternak ayam dan babi bagi masyarakat dengan harapan menambah penghasilan ekonomi masyarakat.

Kepada Camat Rana Mese dan Eco Feed, Yohanes Rumat menyampaikan terima kasih, karena telah memberikan dukungan untuk kegiataan bantuan benih ikan gurami.

Ketua Poktan Peternakan Wae Musur, Yohanes Dembot menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada anggota DRPD NTT ini yang telah memperhatikan kehidupan masyarakat di Desa Compang Ndejing, khususnya mereka yang terhimpun dalamm Poktan Peternakan Wae Musur.

“Pa Yohanes Rumat ini tidak saja bantu benih ikan, tapi sudah membina dan memberdayakan kami di kelompok. Sehingga kami merasa bersyukur dan berterima kasih kepada beliau. Berharap bibit ikan yang dilepas hari ini, dapat memberikan manfaat bagi kami untuk menambah ekonomi kami,” ungkap Dembot.

Camat Rana Mese Maria, Anjelina Teme menyampaikan terima kasih kepada Yohanes Rumat yang sudah peduli dan berjuang menyejahterakan masyarakat Matim, khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Rana Mese. Dengan adanya bantuan benih ikan, tentu dapat mendorong dan membantu masyarakat untuk menambah ekonomi mereka.

“Saya sangat apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Yohenes Rumat yang selama ini sudah memperhatikan masyarakat di Rana Mese. Khusus saat ini memberikan bantuan benih ikan untuk masyarakat di Desa Compang Ndejing dan masyarakat Nanga Lanang, Desa Bea Ngencung,” ungkap Anjelina. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top