Kades Polen Imbau Warganya Tak Terlibat dalam Pilkada TTU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kades Polen Imbau Warganya Tak Terlibat dalam Pilkada TTU


Kades Polen, Yupiter Mella (FOTO: ISTIMEWA)

POLITIK

Kades Polen Imbau Warganya Tak Terlibat dalam Pilkada TTU


SOE, TIMEXKUPANG.com-Kepala Desa (Kades) Polen, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Yupiter Mella mengimbau warganya untuk tidak terlibat dalam urusan politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Kades Yupiter perlu mengimbau hal ini pasalnya sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten TTU tentu memiliki sedikit pengaruh, karena mereka selalu hidup berdampingan sesama warga di perbatasan, bahkan diantara mereka ada yang kawin-mawin dengan warga setempat.

Kades Yupiter mengatakan, pengaruh masyarakat Desa Polen terhadap Pilkada TTU memang tak seberapa, namun diakui hal itu ada. Pasalnya, masyarakat Desa Polen berbatasan langsung dengan wilayah TTU, tentu memiliki hubungan emosional yang tinggi.

Menurut Kades Yupiter, dalam setiap aktifitas warga Polen dan warga TTU di perbatasan selalu bersama. Baik itu aktifitas ekonomi dan sosial budaya. Hubungan emosional masyarakat Desa Polen bersama masyarakat TTS, semakin kuat karena terjadi kawin-mawin antar masyarakat TTS dan TTU.

Maka dari itu, kata Yupiter, dibeberapa pertemuan bersama masyarakat belakangan ini, ia terus mengimbau masyarakat untuk tidak mempengaruhi kebebasan berpolitik masyarakat TTU. “Biarkan masyarakat TTU memilih kepala daerah mereka, sesuai dengan keinginan mereka sendiri,” ucap Yupiter.

Kades Yupiter mengatakan, ia tak cuma mengimbau masyarakatnya untuk tidak mempengaruhi masyarakat TTU dalam menyalurkan hak politiknya, melainkan ia juga meminta masyarakat Desa Polen untuk tidak ikut berkampanye mendukung paket tertentu. Pasalnya, masyarakat Desa Polen, tidak memiliki hak politik untuk memilih bupati dan wakil bupati TTU. “Saya juga imbau supaya masyarakat saya tidak ikut kampanye, mendukung paket calon tertentu,” katanya.

Hal senada dikemukakan Markus Mnune, salah satu tokoh masyarakat Desa Polen.

Menurutnya, selain imbauan dari pemerintah desa agar masyarakat Desa Polen tidak terlibat proses politik di TTU, pihaknya juga melakukan hal yang sama.

Markus mengaku, pihaknya meminta masyarakat Desa Polen untuk turut mendukung proses Pilkada di TTU dengan cara menjaga kemanan dan ketertiban wilayah Desa Polen, agar proses Pilkada di TTU dapat berjalan adil dan transparan, sehingga dapat memilih pemimpin sesuai dengan keinginan masyarakat TTU.

“Kami mendukung proses Pilkada di TTU dengan meminta masyarakat untuk menjaga kemanan dan ketertiban wilayah, sehingga proses Pilkada di TTU bisa berjalan lancar,” tandas Markus. (yop)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top