Tinjau Lokasi Bencana di Desa Kabuna, Pjs Bupati Belu Lakukan Hal Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tinjau Lokasi Bencana di Desa Kabuna, Pjs Bupati Belu Lakukan Hal Ini


TINJAU. Pjs Bupati Belu, Zakarias Moruk (kiri) bersama Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol Inf Alfat Denny Andrian (kedua kiri) berdialog dengan warga saat meninjau lokasi bencana angin puting beliung di Dusun Salala, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, kemarin (31/10). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Tinjau Lokasi Bencana di Desa Kabuna, Pjs Bupati Belu Lakukan Hal Ini


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Pejabat sementara (Pjs) Bupati Belu, Zakarias Moruk bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah dan Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol Inf Alfat Denny Andrian, meninjau lokasi bencana angin puting beliung di Dusun Salala, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak.

Kehadiran Pjs Bupati Belu, pada Sabtu (31/10) itu untuk melihat dari dekat kondisi warga yang terkena dampak bencana alam ini, sekaligus memberikan sejumlah bantuan tanggap darurat untuk mengatasi kebutuhan sementara.

Sesuai data hasil identifikasi, terdapat 17 rumah warga yang terkena dampak bencana angin puting beliung. Rinciannya 6 rumah roboh, dan 11 rumah rusak berat.

Pjs Bupati Belu, Zakarias Moruk menjelaskan kehadirannya untuk meninjau lokasi dan mengetahui secara langsung kondisi rumah warga yang menjadi korban bencana. Tentunya pemerintah secepatnya mengambil tindakan untuk segera membantu warga yang terdampak musibah ini. “Kita koordinasi secepatnya untuk membantu masyarakat. Kondisi saat ini musim hujan sehingga kita upayakan secepatnya,” katanya.

Zakarias yang juga Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT ini mengatakan, untuk mengantipasi bencana dimaksud, Pemkab Belu melalui tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belu mendistrisbusikan terpal dan sembako untuk kebutuhan beberapa hari ke depan. Selain itu ada juga bantuan dari Kapolres Belu dan Danyon 744 berupa sembako dan aksi gotong-royong membantu masyarakat yang terkena bencana tersebut.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Rusakkan 11 Rumah Warga Desa Kabuna

Zakarias usai melakukan peninjauan ke lokasi bencana, langsung menggelar rapat di kediamannya di Kelurahan Tenukiik. Rapat dihadiri Penjabat Sekda Belu, Kepala BPBD Belu, Kadis PUPR, Camat Kakuluk Mesak dan Kepala Desa Kabuna. Rapat itu untuk menghitung biaya perbaikan rumah-rumah yang terkena dampak bencana melalui Dana Belanja Tidak Terduga (BTT) pada APBD Belu.

“Saat pulang dari lokasi bencana, saya undang semua OPD teknis untuk rapat. Rapat di rumah saya yang pimpin. Kita secepatnya sikapi kebutuhan korban bencana itu,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 17 rumah warga di Dusun Salala, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, rusak parah akibat diterjang angin puting beliung.

Bencana angin kencang itu terjadi Rabu (28/10/2020), sekira pukul 13.00 Wita. Enam rumah roboh dan 11 rumah rusak berat.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, sejumlah korban menuturkan peristiwa ini diawali dengan hujan deras disertai angin kencang. Beberapa saat kemudian, muncul kabut disertai angin kencang menutupi rumah warga. Warga panik sehingga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Sementara Kepala Desa Kabuna, Adrianus Yoseph Laka menjelaskan pasca kejadian bencana ini pihaknya melapor ke kabupaten sehingga Tim BPBD Belu datang ke lokasi memantau dan mendata kerusakan rumah warga.

Dikatakan dari pihak BPBD juga sudah turun mendata kerugian akibat bencana yang dialami lebih kurang 51 jiwa ini. (mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top