257 Calon Siap Tempur Pilkades, Terbanyak Rote Barat Daya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

257 Calon Siap Tempur Pilkades, Terbanyak Rote Barat Daya


BERI KETERANGAN. Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Dinas PMD Rote Ndao, Maria Dolorosa Bria, memberi keterangan terkait Pilkades saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/11). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

257 Calon Siap Tempur Pilkades, Terbanyak Rote Barat Daya


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 257 bakal calon kepala desa (Balonkades) telah ditetapkan menjadi calon kepala desa. Penetapanya dilakukan secara serentak di 69 desa penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Jumat (30/10).

Jumlah calon tersebut tersebar di 10 dari 11 Kecamatan di Kabupaten Rote Ndao. Calon kades (Cakades) terbanyak di Kecamatan Rote Barat Daya dengan 55 calon di 13 desa penyelenggara.

Disusul Kecamatan Baru, Loaholu, yaitu 10 Desa dengan 35 Cakades, Lobalain (34 cakades) di 10 desa, dan 28 orang di 6 desa, Kecamatan Rote Timur. Sementara di urutan kelima, Kecamatan Pantai Baru hanya selisih satu calon dengan Rote Timur, yakni 27 calon yang tersebar di 8 desa.

Kecamatan Rote Barat Laut memiliki 25 Cakades di 7 desa, Rote Selatan 18 orang untuk 5 desa dan Landu Leko 15 orang di 4 desa. Sedangkan jumlah paling sedikit terdapat di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Rote Tengah dan Ndao Nuse.

“Rote Tengah dua desa penyelenggara Pilkades dengan 10 Calkades. Sama dengan Ndao Nuse, hanya di Ndao Nuse ada empat desa yang menyelenggarakan Pilkades,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Maria Dolorosa Bria, kepada Timor Express, di ruang kerjanya, Selasa (3/11).

Terhadap jumlah Cakades, Kabid Maria mengatakan diatur minimal 2 orang dan 5 untuk jumlah maksimal. Sehingga dalam penetapan calon, panitia tetap memedomani Perbup Nomor 32 tahun 2020, tetang perubahan atas Perbub Nomor 6 tahun 2020, tentang petunjuk pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Jika terdapat desa dengan jumlah calon kurang dari jumlah minimal, maka diperpanjang waktu pendaftaran. Walau demikian, diakui Kabid Maria, semua desa penyelenggara Pilkades menerima pendaftaran di atas jumlah minimal bahkan melebihi dari jumlah maksimal.

“Rata-rata semua desa tidak kurang dari 2 Balon. Bahkan ada lebih sehingga dilakukan seleksi perenkingkan dan ujian tertulis,” kata Maria.

BACA JUGA: Bupati Rote Ndao Angkat Penjabat Kades Baru, Pelantikan oleh Camat

Perenkingan yang dilakukan panitia Pilkades, mengacu pada pasal 3 ayat (2) huruf (d), Perbup Nomor 32 tahun 2020, tetang perubahan atas Perbub nomor 6 tahun 2020, tentang petunjuk pelaksanaan Pilkades. Dimana seleksi ini dilakukan apabila jumlah Balonkades melebihi jumlah maksimal.

Dengan sistim perhitungan melalui tiga kriteria yang diseleksi, yakni pengalaman bekerja, tingkat pendidikan dan usia. Masing-masing kriteria memiliki bobot nilai tersendiri.

Sehingga dari penetapan calon yang telah dilakukan oleh panitia Pilkades, hanya dua desa yang harus melakukan seleksi ujian tertulis. Hal ini dikarenakan, setelah dilakukan perengkingan, masih terdapat beberapa calon memiliki poin yang sama untuk memperebutkan posisi terakhir dari jumlah calon maksimal.

Dua desa tersebut adalah Desa Mukukeku, Kecamatan Rote Timur, dan Desa Oebatu, Kecamatan Rote Barat Daya.

Untuk diketahui, penetapan calon kepala desa yang lebih dari 5 calon sebelum ujian tertulis digunakan dengan sistem perengkingan terhadap kriteria yang telah ditetapkan. Dimana pada pengalaman kerja, unsur manajerial memiliki skor paling tinggi, yaitu ditetapkan dengan skor 5, diikuti unsur teknis dengan skor 3 dan terendah skor 2, untuk unsur pelaksana.

Terhadap tingkat pendidikan, ditetapkan dengan skor terendah pada jenjang SLTP dengan bobot nilai 2. Skor 3 untuk jenjang SLTA dan tertinggi skor 5 untuk jenjang pendidikan Diploma/sarjana.

Sedangkan pada usia, digunakan perhitungan berdasarkan rentangan usia. Yang dimulai dari usia 25 tahun hingga 59 tahun ditetapkan dengan skor 6, dan skor 4 untuk usia 60 tahun ke atas.

“Saat ini, proses pemilihan kepala desa sudah memasuki tahapan pemutahiran kembali Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilakukan panitia bersama semua calon selama sepuluh hari,” jelas Maria. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top