Mantan Kadis Hingga Wakapolres Ramaikan Bursa Pilkades Rote Ndao | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Mantan Kadis Hingga Wakapolres Ramaikan Bursa Pilkades Rote Ndao


TARUNG LAGI. Benny E. N. Manafe, mantan Kades Sanggaoen yang kini ikut bertarung di Pilkades Lekunik, Kecamatan Lobalain, usai mengikuti sesi foto untuk pembuatan surat suara di aula Dinas PMD, Rabu (4/11). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Mantan Kadis Hingga Wakapolres Ramaikan Bursa Pilkades Rote Ndao


Termasuk Mantan Kades dan Penjabat Kades

BA’A, TIMEXKUPANG.com-Sejumlah mantan pejabat di Kabupaten Rote Ndao turut ambil bagian meramaikan bursa pencalonan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di pulau terselatan NKRI itu.

Para mantan penjabat itu adalah mereka yang pernah menduduki posisi penting sebagai kepala desa, kepala dinas, pejabat utama di institusi Polri, hingga anggota DPRD. Bahkan mereka sudah ditetapkan sebagai calon kepala desa (Cakades) yang akan bertarung pada pencoblosan Sabtu (19/12) mendatang.

Menariknya, mantan pejabat dari institusi Polri yang telah resmi menjadi Cakades adalah Osias Ngili. Sosok ini merupakan mantan Wakil Kepala Polisi Resor (Wakapolres) Rote Ndao.

Diketahui, Osias Ngili pernah menjabat Wakapolres Rote Ndao tahun 2013-2015. Osias ikut terpanggil menjadi salah satu Cakades bersama tiga calon lainnya akan memperebutkan tahta di Desa Lakamola.

Sementara mantan kepala dinas yang pilih ikut bertarung pada Pilkades kali ini adalah Bernard Haning, SE. Mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rote Ndao ini telah ditetapkan sebagai salah satu Cakades di Desa Lentera, Kecamatan Rote Barat Daya.

Selanjutnya, mantan anggota DPRD Rote Ndao dua periode berturut-turut (2009-2019), yakni Urbanus D. Sinlae, SH, juga ikut bertarung dalam Pilkades ini dan telah ditetapkan sebagai calon nomor urut satu pada Pilkades Desa Desa Nggelodae.

“Banyak mantan pejabat (Ikut Pilkades, Red). Ada mantan kadis dan anggota dewan. Mantan pimpinan di Polres juga ada,” ungkap Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rote Ndao, Yames M. K. Therik, SH, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Maria Dolorosa Bria, kepada Timor Express, di ruang kerjanya, Selasa (3/11).

Cakades dari mantan pejabat ini, kata Maria, didominasi oleh mantan penjabat Kepala Desa (Pj Kades), yakni sebanyak 42 orang. Jumlah terbanyak di Desa Siomeda, Kecamatan Rote Tengah, yaitu 3 orang Cakades dari unsut mantan Penjabat Kades.

Ketiganya adalah Marthen Mesa Pello, SH, lebih dahulu memimpin desa di tahun 2018, kemudian tahun 2019 dijabat Yefta E. Lian, memimpin desa Siomeda. Selanjutnya, pada tahun 2020, Yefri Y.T. Ballo, S.Pd, memimpin, hingga mencalonkan diri dalam Pilkades serentak.

Ada juga dua Cakades lainnya dari unsur Pj Kades bertarung di Desa Mbali Lende Iki, Kecamatan Ndao Nuse, Mukekuku, Kecamatan Rote Timur, serta Desa Oelua, Kecamatan Loaholu. Kedua Cakades ini pernah memimpin dan sama-sama bertarung merebut tampuk kepemimpinan di desa-desa tersebut.

BACA JUGA: 257 Calon Siap Tempur Pilkades, Terbanyak Rote Barat Daya

Di Desa Mukekuku, tahun 2018, Renward S. Lolu dipercaya mengemban jabatan Pj Kades Mukukeku. Tahun 2019 – 2020, Renward tetap dipercaya pada jabatan yang sama tetapi di Desa Lakamola, sehingga Mukekuku dipimpin oleh Desri Hengkimus Suki.

Sementara di Desa Mbali Lende Iki, Asahel Miteni Lende merupakan pemimpin desa tersebut hingga mengundurkan diri tahun 2020. Sementara Abraham Bunga, memimpin Desa Mbiu Lombo, dan keduanya bertarung memperebutkan tahta Kepala Desa Mbali Lende Iki, Kecamatan Ndao Nuse.

Sedangkan di Desa Oelua, Pj Kades adalah Anwar Idris yang menjabat tahun 2018 – 2019. Di tahun 2020, Pj Anwar diganti oleh Ba’syirun Abdul Syaid.

Jumlah Cakades dari mantan Pj Kades juga tersebar masing-masing satu orang calon di 33 desa. Sehingga secara keseluruhan berjumlah 42 orang dari mantan Pj Kades, dengan penyebaran tiga calon di satu desa, dan enam calon di tiga desa.

“Ada desa yang calonnya bukan berasal dari mantan pejabat. Tetapi rata-rata dari unsur perangkat desa,” beber Maria.

Untuk calon Kades dari mantan kepala desa, terdapat di dua desa, yang semuanya berada Kecamatan Lobalain. Yaitu Watson Sodi Mbuik, Kades Kolobolon, yang kembali bertarung di Desa Kolobolon.

Sementara Benny E. N. Manafe, mantan Kades Sanggaoen, kini bertarung di Desa Lekunik. Kedua mantan kades ini dengan periodesasi kepemimpinan yang sama, yaitu 2007 – 2015.

“Siapa saja punya hak, dan tidak melanggar ketentuan perundang-undangan,” kata Benny E. N. Manafe, saat dikonfirmasi Timor Express usai mengikuti sesi foto untuk pembuatan surat suara di aula Dinas PMD, Rabu (4/11).

Hal senada juga diungkapkan Maria, bahwa semua warga negara, yang tanpa kecuali memiliki hak sama. Hak yang dimaksudkan adalah dipilih dan memilih.

“Semua warga negara punya hak. Entah pejabat dan non pejabat, memiliki hak yang sama untuk dipilih dan memilih,” tegas Maria. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top