Pilkada Belu: KPU Rekrut 2.982 Petugas KPPS untuk 426 TPS | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pilkada Belu: KPU Rekrut 2.982 Petugas KPPS untuk 426 TPS


SOSIALISASI: Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Belu, Herlince E. Asa menyampaikan paparannya dalam kegiatan sosialisasi jadwal tahapan Pilkada serentak 2020 di aula SSpS Atambua, Kamis (5/11). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

POLITIK

Pilkada Belu: KPU Rekrut 2.982 Petugas KPPS untuk 426 TPS


Gelar Sosialisasi Lanjutan Tahapan Pilkada 2020

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu kembali menggelar sosialisasi lanjutan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak lanjutan tahun 2020. Sosialisasi tersebut bertempat di aula SSpS Atambua, Kamis (5/11).

Hadir dalam kegiatan itu Pejabat sementara (Pjs) Bupati Belu, Zakarias Moruk, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu.

Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Belu, Herlince E. Asa dalam sambutannya menjelaskan sosialisasi itu juga sebagai bahan evaluasi KPU dalam melaksanakan tahapan-tahapan menuju coblosan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Herlince merincikan sejumlah tahapan yang sudah dilakukan yakni pemutakiran data pemilih, sosialisasi, kampanye yang di mulai dari pertemuan tatap muka, pembagian APK, dan juga debat pertama paslon.

Kegiatan ini tentunya sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk Pemerintah sehingga berjalan baik dan lancar. “Sebagai penyelenggaran tentunya selalu mengedepankan netralitas, menjaga integritas, dan berlaku seadil-adilnya dalam setiap tahapan,” tegasnya.

Ia menjelaskan, untuk kampanye yang difasilitasi KPU Belu yakni debat paslon yang dijadwalkan dua kali, dimana debat pertama telah berlangsung pada 30 Oktober 2020. Debat itu mendapat respon cukup baik dari pengamat politik dan KPU NTT terkait penanyangan debat paslon. Sedangkan untuk debat kedua di rencanakan akan dilaksanakan pada Desember 2020.

Menurut Herlince, tahapan yang sangat penting yakni pengumuman daftar pemilih tetap oleh PPS, hingga saat ini sudah dilakukan penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Dikatakan Hasil DPT sudah ditempel di papan informasi kantor desa/kelurahan dan kecamatan. Untuk Kabupaten Belu, DPT sesuai hasil penetapan KPU tanggal 15 Oktober berjumlah 118.005 Pemilih. Jumlah tersebut lebih kecil dibanding DPT sebelumnya pada Pemilu 2019, yakni sebanyak 134.122 pemilih.

Juru Bicara KPU Belu ini menjelaskan saat ini pihaknya sudah merekrut 2.982 petugas KPPS yang akan ditempatkan di 426 TPS yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Belu. Dari 426 TPS terdapat satu TPS di Lapas. Kehadiran KPPS memulai bekerja selama satu bulan terhitung 24 November hingga 23 Desember 2020.

“Tugas dari KPPS seperti membagi undangan C6, membantu KPU berada di TPS dan menyelenggarakan pemungutan suara,” tandas Herlince.

Herlince juga menjelaskan, sesuai jadwal, tanggal 9 – 26 Desember 2020 merupakan tahapan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara berjenjang dari tingkat TPS ke di tingkat kecamatan dan pleno rekapitulasi di tingkat Kabupaten.

“Kami sangat mengharapkan dukungan semua komponen masyarakat agar ikut berpartisipasi mendukung kelancaran Pilkada Belu sehingga berjalan lancar, aman, dan sukses untuk memilih pemimpin Belu ke depan,” pungkas Herlince. (mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top