PLN Dorong Pengembangan UMKM Tangguh dan Berdaya Saing | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

PLN Dorong Pengembangan UMKM Tangguh dan Berdaya Saing


SAMBUTAN. Dirut PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini memberikan sambutan di sela-sela pembukaan kegiatan festival PLN Peduli UMKM, Rabu (4/11). (IST).

Advetorial

PLN Dorong Pengembangan UMKM Tangguh dan Berdaya Saing


Gelar Festival PLN Peduli, NTT Kirim Tiga UMKM Unggulan

KUPANG, TIMEX– Guna mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), maka PLN kembali menggelar kegiatan festival PLN Peduli 2020. Bedanya, di tengah pandemi Covid-19 tahun ini, kegiatan festival PLN Peduli ini digelar secara daring, sejak Rabu-Senin (4-9/11).

Pembukaan kegiatan festival PLN Peduli ini dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diwakili Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto dan Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.

Sekretaris Menteri BUMN, Susyanto dalam sambutan di sela-sela membuka dengan resmi kegiatan festival PLN Peduli secara daring menyampaikan bahwa kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi telah memberikan dampak sangat serius bagi perekonomian negara, khususnya bagi UMKM.

“Kementerian BUMN sangat mendukung kegiatan festival PLN Peduli ini, karena ini dapat mendorong berputarnya kembali kegitan usaha dari para pelaku UMKM,” ucap Susyanto.

Sememtara Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan dukungan nyata perusahaan sebagai BUMN bagi UMKM terutama yang menjadi mitra binaan PLN.

“Ini merupakan wujud nyata dukungan kami untuk menggerakan UMKM yang ada di Indonesia. PLN menyadari bahwa UMKM memiliki peran yang sangat strategis, baik bagi perekonomian daerah maupun nasional. Karena itu maka sektor UMKM yang tangguh dan berdaya saing diyakini mampu menyejahterakan masyarakat,” tutur Zulkifli.

Sekadar tahu bahwa kegiatan festival PLN Peduli ini mengusung tema “Terangi Negeri untuk Pencapaian SDG’s”. Dan dalam ajang festival PLN Peduli kali, PLN mengajak 100 mitra binaan untuk menampilkan 1.000 lebih produk berkualitas dari seluruh Indonesia. Selain itu, PLN juga menggelar webinar tentang CSR untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDG’s) serta pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan UMKM dalam mengelola usahanya agar mampu bersaing di pasar.

Selain itu, festival ini juga menjadi marketplace yang memberikan ruang bagi para pengunjung untuk bertransaksi secara langsung. Festival ini menampilkan lebih dari 1.000 produk UMKM berkualitas. Festival PLN Peduli ini juga merupakan event tahunan CSR PLN yang menggambarkan berbagai program kegiatan CSR PLN yang sejalan dengan tujuh subjek ISO 26000
tentang Panduan Pelaksanaan CSR dan mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s.

Pelaksanaan Program CSR sekarang ini telah bertransformasi, dari yang dulu bersifat charity menjadi program-program yang memiliki manfaat berkelanjutan (sustainability) dan memberi nilai manfaat bagi perusahaan atau CSV (Corporate Social Value).

Dari NTT, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT mengirimkan tiga UMKM unggulan untuk ikut dalam kegiatan PLN Virtual Exhibition 2020. Ketiga UMKM tersebut adalah Ensikei dengan produk kain tenun, Virgill coffee dengan produk Kopi Flores dan Dapur Kelor dengan produk olahan daun kelor.

Tidak hanya itu saja, dalam ajang PLN CSR Award 2020, PLN UIW NTT juga meraih juara dua dalam kategori Program Pemberdayaan Masyarakat. “Semoga Program CSR PLN NTT dapat terus berkontribusi dalam peningkatan perekonomian masyarakat di NTT,” kata GM PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko. (*/gat)

Komentar Pembaca

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Komentar

Berita lainnya Advetorial

Populer

To Top