Simak 3 Pesan Rektor Unimor untuk 344 Wisudawan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Simak 3 Pesan Rektor Unimor untuk 344 Wisudawan


WISUDA. Para wisudawan/ti Unimor saat dikukuhkan menjadi sarjana di aula Gedung Biinmafo, Kefamenanu, Rabu (4/11). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PENDIDIKAN

Simak 3 Pesan Rektor Unimor untuk 344 Wisudawan


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 344 mahasiswa Universitas Timor (Unimor) diwisuda dalam acara yang berlangsung di aula Gedung Biinmaffo, Kefamenanu, Rabu (4/11).

Kegiatan yang menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 dengan menjaga jarak, memakai masker, serta mencuci tangan tersebut tidak seperti biasanya karena tanpa dihadiri oleh orang tua/wali dari para wisudawan. Ini semata-mata karena pertimbangan pendemi Covid-19 yang sampai dengan saat ini belum mereda.

Sesuai data yang dihimpun Timor Express, 344 lulusan Unimor yang diwisuda tersebut berasal dari 11 program studi (Prodi) pada 4 fakultas.

Rapat senat terbuka tersebut dipimpin langsung Ketua Senat Akademik Unimor, Marten Patiung dan dihadiri anggota Senat Unimor, para dosen, Tenaga Kependidikan serta tamu undangan yang terdiri dari Asisten III Setda TTU, Ketua DPRD TTU, Wakapolres TTU, Pimpinan Bank dan pimpinan Perguruan Tinggi.

Rektor Unimor, Dr. Stefanus Sio dalam sambutanya mengungkapkan, tahun ini acara wisuda dibagi dalam dua tahap yakni tahap satu meluluskan 344 wisudawan/wati dan calon sisa wisudawan-wisudawati akan diwisudakan pada tahap kedua yang akan digelar tanggal 30 November 2020.

Dikatakan, para wisudawan/ti yang dikukuhkan menjadi seorang sarjana tersebut sudah siap bersaing di tengah masyarakat, sebab lulusan tersebut telah dipersiapkan untuk bersaing di tingkat global.

“Ini sudah acara wisuda yang ke-19 Unimor mencetak sarjana bagi masyarakat Kabupaten TTU, Belu, Malaka dan sekitarnya diusianya yang ke-20,” ungkapnya.

Dalam acara wisuda tersebut, Rektor Stefanus juga memberi tiga pesan kepada para lulusan, yakni pertama, teruslah belajar karena ilmu pengetahuan ini sering berubah mengikuti perkembangan zaman.

Kedua, ilmu yang didapat pada masa perkuliahan hanya bermanfaat apabila diwujudkan dalam kehidupan sehingga bisa menghidupkan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat, serta membantu pemerintah untuk meringankan beban-beban yang dihadapi sekarang ini.

Ketiga, para wisudawan ini kiranya bisa mewujudkan apa yang dicita-citakan oleh lembaga sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terpenuhi.

“Tiga hal penting inilah yang harus menjadi acuan dan pedoman dari lulusan serjana ketika terjun di dunia masyarakat sehingga ilmu yang telah diperoleh dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak,” pesannya.

Rektor Unimor tak lupa mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang sudah mempercayai Unimor untuk mendidik anak-anaknya menjadi sarjana. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pemkab TTU, Belu, dan Malaka yang mendukung Unimor dalam penyelenggaraan Tridhama Perguruan Tinggi.

Sementara itu, Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, S.Pt dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Setda TTU, Raimundus Thal, mengungkapkan, bahwa setiap tahun banyak perguruan tinggi di Indonesia menghasilkan angkatan kerja baru yang sangat banyak jumlahnya. Hal tersebut tentunya mendatangkan persaingan yang ketat dalam memperoleh pekerjaan.

“Dalam persaingan ini, akan berlaku hukum siapa yang siap, kreatif, inovatif, dan menguasai bidang ilmunya dialah yang akan tampil sebagai pemenangnya,” ungkapnya.

Raymundus mengatakan, dirinya sangat yakin dan percaya bahwa para wisudawan/wisudawati ini sudah membekali diri dengan ketrampilan dan keahlian di bidang ilmunya masing-masing. Oleh karena itu, dirinya mengharapkan kepada wisudawan/wisudawati supaya mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sesuai bidang ilmu yang diperoleh.

“Sesunggunya banyak sektor yang menjadi lapangan kerja kita, apakah kita jeli melihat dan menangkap peluang kerja itu atau tidak? Anda sekalian sebagai cendekiawan muda yang memiliki pengetahuan yang luas dapat menentukan krativitas dan pengetahuan anda untuk menciptakan inovasi baru mulai dari tempat tinggal dan daerah anda masing-masing. Saya berharap anda sekalian yg masih enerjik dan kaya akan pengetahuan dapat menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik,” kata Raimundus mengutip sambutan Bupati. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

Populer

KABAR FLOBAMORATA

Tambah 8 Kasus Baru, Total Positif Covid-19 di NTT Capai 970 Orang

22 November 2020 - 11:06pm

KABAR FLOBAMORATA

Pemkot Larang Semua Perayaan Pesta

23 November 2020 - 11:50am

NASIONAL

Pulau Komodo Tetap ‘Dijual’, Ini Penjelasan Luhut

27 November 2020 - 11:09pm

PERISTIWA/CRIME

Tersangka Pemberi Suap Menteri KKP Calon Besan Ketua MPR

26 November 2020 - 3:35pm

KABAR FLOBAMORATA

Satu Lagi Pasien Covid-19 Meninggal di Kota Kupang

23 November 2020 - 11:59pm

KABAR FLOBAMORATA

Waspada… Covid-19 Mulai Serang Nakes

23 November 2020 - 12:20pm

ENTERTAINMENT

Tiga Penyanyi Asal NTT Terbaik di AMI Awards 2020

28 November 2020 - 7:02am
To Top