Hotman-Maybank Ungkap Ada Perputaran Dana Rekening Winda ke Asuransi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hotman-Maybank Ungkap Ada Perputaran Dana Rekening Winda ke Asuransi


Hotman Paris Hutapea (FOTO: Dok. JawaPos.com)

PERISTIWA/CRIME

Hotman-Maybank Ungkap Ada Perputaran Dana Rekening Winda ke Asuransi


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Head of Financial Crime Compliance and National Anti-Fraud Maybank Indonesia Nehemia Andiko mengatakan terdapat keganjilan pada kasus pelaporan nasabah atas nama Winda Lunardi.
Keganjilan itu terkait raibnya dana sebesar Rp 22 miliar dari rekening Winda. Berdasarkan penelusuran, terdapat aliran dana sebesar Rp 6 miliar ke beberapa sumber.

Selain ATM dan buku tabungan nasabah yang dipegang oleh Kepala Cabang (Kacab) Cipulir, Albert yang saat ini menjadi tersangka, juga ditemukan perputaran dana keluar ke beberapa sumber seperti lembaga jasa asuransi.
Andiko menjelaskan, aliran dana dari rekening nasabah tersebut mengalir ke lembaga jasa keuangan lain seperti Prudential untuk pembelian polis.

’’Ada aliran dana dari rekening Winda ke Prudential Rp 6 miliar untuk pembelian polis Winda,’’ ujarnya saat konferensi pers di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Senin (9/11).

Kemudian, Andiko melanjutkan, berdasarkan penelusuran penyelidikan, terdapat dana yang masuk dari Prudential ke rekening sang Ayah sebesar Rp 4,8 miliar. ’’Di bulan berikutnya ada uang masuk dari Prudential ke rekening ayahnya Rp 4,8 miliar,’’ tuturnya.

Hotman Paris Hutapea yang menjadi kuasa hukum Maybank mengatakan, penelusuran tersebut berasa dari hasil mutasi rekening nasabah yang bersangkutan. Ia mengaku heran hanya dalam hitungan sebulan uang dari Prudential malah masuk ke rekening ayahnya Winda.

’’Tadi kan Rp 6 miliar dari rekening pribadi si W, tapi hanya hitungan 1 bulan uang itu kembali lagi dari Prudential tapi masuknya ke rekening ayahnya Herman Gunardi,’’ terang pengacara yang juga dikenal sebagai kolektor barang-barang mewah itu.

Hotman melanjutkan, selain aliran dana keluar dari rekening nasabah ke rekening Herman, juga ada aliran dana keluar-masuk ke rekening saudara tersangka. “Ada 6 pihak lagi nih, di luar Herman (ayah Winda), di luar Winda. Antara lain memang saudara dari kepala cabang ini,” ujarnya dalam konferensi pers di kawasan Pluit Jakarta, Senin (9/11).

Hotman mengungkapkan, pihak lain yang menerima aliran uang tersebut akan dipanggil untuk diperiksa dan mempertanggungjawabkan dana tersebut. “Kalau tidak mempertanggungjawabkan, diproses dengan hukum,” ucapnya.

Hotman mengimbau, pihak kepolisian terus melakukan penyelidikan dan penelusuran pada kasus tersangka yang memainkan uang nasabah sebesar Rp 22 miliar ini. “Harusnya semua orang yang terima uang ini ada 8 harusnya diperiksa. Ini belum diperiksa Mabes Polri, kalau benar-benar tidak bisa mempertanggungjawabkan, penyidikan ditingkatkan,” jelasnya.

Hotman menambahkan, dalam keterangannya dirinya dan pihak Maybank tidak bermaksud menjerumuskan Winda dan ayahnya menjadi tersangka. Namun, pihaknya meminta agar kepolisian meneliti aliran uang tersebut.

“Kami tidak meminta agar Winda, Herman Gunardi menjadi tersangka. Kami minta diteliti dulu kenapa duit Rp 6 miliar masuk ke Prudential, kenapa kembali lagi Rp 4 miliar tapi kembali ke orang-orang yang terkait dengan pemilik rekening, terus duitnya mutar begitu. Tiba-tiba sekarang (dia teriak) balikin duit gue semua!” pungkasnya. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

Populer

To Top