Puting Beliung Terjang Desa Humusu Sainiup, 5 Rumah Warga Rusak Parah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Puting Beliung Terjang Desa Humusu Sainiup, 5 Rumah Warga Rusak Parah


RUSAK BERAT. Rumah salah satu warga Desa Humusu Sainiup yang mengalami kerusakan berat akibat dilanda bencana angin puting beliung, Sabtu (6/11) lalu. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Puting Beliung Terjang Desa Humusu Sainiup, 5 Rumah Warga Rusak Parah


BPBD TTU Langsung Salurkan Bantuan Tanggap Darurat

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Bencana angin puting beliung kembali melanda wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), tepatnya di Desa Humusu Sainiup, Kecamatan Insana Utara, Sabtu (7/11) lalu.

Atas peristiwa alam tersebut, sedikitnya lima unit rumah warga setempat roboh. Kerusakan terparah terjadi pada atap rumah warga. Pasalnya atap rumah diterjang hingga terlepas dari dudukannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini menyebutkan bahwa, peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (7/11) sekira pukul 11:00 Wita. Saat itu, angin puting beliung yang datang tiba-tiba langsung menerbangkan atap rumah warga.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Meskipun begitu, kerugian yang ditimbulkan dari kejadian tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU Yosefina Lake kepada Timor Express, Senin (9/11) membenarkan peristiwa tersebut.

“Benar, kejadiannya kemarin dan ada lima unit warga di desa itu rusak berat,” kata Yosefina saat dikonfirmasi media ini.

Yosefina menambahkan, atas kejadian tersebut, pihaknya langsung mendata warga yang rumahnya diterjang angin puting beliung tersebut guna mendapatkan bantuan tanggap darurat.

Selain itu, pihaknya juga telah melaporkan peristiwa tersebut ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT melalui BPBD NTT. Laporan tersebut disampaikan agar Pemprov bisa memberikan bantuan tambahan kepada para korban angin puting beliung tersebut.

“Kami juga sudah melaporkan kejadian tersebut ke pemerintah provinsi melalui BPBD NTT supaya mereka bisa memberikan bantuan tambahan karena ini kerusakan cukup parah,” ungkapnya.

Menurut Yosefina, pihaknya segera memberikan bantuan tanggap darurat yang bersifat stimulan terutama sembako sehingga korban bencana bisa bertahan hidup untuk beberapa hari ke depan.

Yosefina berharap, dengan bantuan tersebut, baik yang dari BPBD TTU maupun bantuan tambahan dari Pemprov dapat mengatasi kerusakan atau kerugian yang dialami oleh warga setempat.

“Kita sudah salurkan bantuan tanggap darurat berupa seng dan sembako kepada para korban yang terkena dampak bencana angin puting beliung,” katanya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

Populer

To Top