Warga TTU Pelaku Perjalanan dari Bali Terkonfirmasi Positif Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Warga TTU Pelaku Perjalanan dari Bali Terkonfirmasi Positif Covid-19


ILUSTRASI. Perawatan pasien Covid-19. (Chis/Jawa Pos)

KABAR FLOBAMORATA

Warga TTU Pelaku Perjalanan dari Bali Terkonfirmasi Positif Covid-19


Tim Gugus Tugas Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terus bertambah. Hingga hari ini, jumlah pasien positif korona mengalami peningkatan menjadi lima kasus dengan status terkonfirmasi positif seorang pelaku perjalanan dari Bali tujuan TTU.

Pasien yang diketahui bernisial YOW, 23, itu terdata sebagai warga Kelurahan Kefamenanu Selatan, Kecamatan Kota Kefamenanu, TTU. YOW dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten TTU menerima hasil pemeriksaan Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Sabtu (7/11) lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan pencegahan terhadap Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat kepada Timor Express, Senin (9/11) mengatakan, pasien positif Covid-19 tersebut adalah pelaku perjalanan dari Bali. Pada 28 Oktober 2020 lalu, pasien tersebut tiba di Pos Oeperigi.

Karena berasal dari luar daerah, maka pasien tersebut langsung di antar ke Rusunawa untuk menjalani masa karantina, sehingga sampai saat ini, pasien tersebut belum melakukan kontak dengan keluarga.

Namun, saat menjalani masa karantina di Rusunawa, pasien yang bersangkutan mengalami gejala batuk, pilek, dan sakit kepala. Oleh karena mengalami gejala tersebut, petugas melakukan pengambilan swab pada 3 November 2020 lalu.

“Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini sebelumnya merupakan pelaku perjalanan yang dikarantina di Rusunawa. Namun, Saat dikarantina ada gejala yang menyerupai gejala Covid-19 sehingga dilakukan swab dan hasil pemeriksaan swab sudah diterima oleh tim dari Laboratorium RSUD WZ Johannes Kupang dengan hasilnya positif,” ungkap Kristo.

Kristo menambahkan, pasien positif korona tersebut akan menjalani karantina di Rusunawa sampai sembuh sehingga tidak menularkan virus korona saat kembali ke lingkungan masyarakat.

Kristo kembali mengingatkan seluruh masyarakat TTU agar patuh dan taat menjalankan protokol kesehatan (Prokes) penanganan Covid-19 supaya dapat memutus mata rantai penyebaran virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Selalu memakai masker kalau berpergian keluar rumah, mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak dalam melakukan aktifitasnya,” pesannya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top