Pjs Bupati: Jadikan Ngada Barometer Demokrasi Politik Lokal yang Brilian dan Cerdas | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pjs Bupati: Jadikan Ngada Barometer Demokrasi Politik Lokal yang Brilian dan Cerdas


Pjs. Bupati Ngada, Linus Lusi saat melakukan rapat bersama Kapolres dan Dandim Ngada membahas pengamanan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Ngada, di ruang kerja Bupati, Rabu (11/11). (FOTO: ISTIMEWA)

POLITIK

Pjs Bupati: Jadikan Ngada Barometer Demokrasi Politik Lokal yang Brilian dan Cerdas


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pejabat sementara (Pjs) Bupati Ngada, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd meminta para pasangan calon (Paslon) yang berkompetisi di Pilkada serentak 2020 di daerah itu untuk dapat memberi pendidikan politik yang cerdas terhadap para pendukungnya. Hal ini bertujuan agar dapat memberi nilai-nilai demokrasi dalam mengawal kinerja pemerintahan dan memberi solusi kepada para konstituen pemilih di Kabupaten Ngada.

“Mari kita jadikan Kabupaten Ngada sebagai barometer demokrasi politik lokal yang brilian dan cerdas,” ungkap Linus Lusi kepada TIMEXKUPANG.com, Kamis (12/11).

Selain harapan untuk paslon, Linus Lusi juga meminta unsur pendukung, dalam hal ini aparat TNI dan Polri serta penyelenggara Pilkada Ngada 2020 dapat melaksanakan perannya dengan maksimal sehingga pelaksanaan hajatan politik lima tahunan ini dapat berlangsung dengan aman dan damai.

Terkait dukungan pendanaan untuk pengamanan Pilkada, Linus Lusi memastikan bahwa Pemkab Ngada telah memberikan hibah dana untuk unsur pendukung dan penyelenggara pilkada di Ngada, sehingga diharapkan dapat dioptimalkan demi suksesnya pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada lima tahun ke depan.

“Kita berharap dengan dana hibah tersebut dapat mendukung dan mendeteksi dini kemungkinan-kemungkinan adanya gangguan teknis maupun non teknis dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 ini,” kata Linus.

Linus menyebutkan, khusus untuk pengamanan Pilkada, Pemkab Ngada dalam tahun anggaran 2020 ini mengalokasikan dana hibah sebesar Rp 5,098 miliar untuk dua institusi keamaan di Kabupaten Ngada, yakni Polres dan Kodim Ngada. Rinciannya, hibah ke Polres Ngada senilai Rp 4.099.254.500, sedangkan ke Kodim Ngada senilai Rp 999.587.200.

“Dari dana hibah ini, yang sudah dicairkan seluruhnya adalah Kodim Ngada, termasuk KPU Ngada,” kata Linus.

Iklim Demokrasi Sangat Dinamis

Meski mengingatkan para paslon untuk memberi pendidikan politik yang baik di Pilkada Ngada, Linus ketika bersilaturahmi ke kantor Timor Express pekan lalu memuji iklim demokrasi yang kini berkembang di Ngada.

Meski belum sebulan menjadi Pjs Bupati Ngada, Linus mengakui bahwa iklim demokrasi di Kabupaten Ngada sangat dinamis. Atas fakta tersebut, ia meyakini pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Ngada bakal berlangsung aman dan damai.

Dinamisnya iklim demokrasi di Ngada ini, menurut Linus, salah satu faktor pendukungnya karena budaya di Ngada yang lebih mengedepankan unsur kekeluargaan dan kekerabatan. Kalau ada sesuatu permasalahan, rumah adat menjadi tempat mencari solusi menyelesaikan setiap persoalan yang ada.

“Bagi saya, ini sesuatu pembelajaran demokrasi yang patut menjadi contoh bagi kita di NTT,” ungkap sosok yang juga sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT ini. (aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top