Siaga Bencana, Semua Unsur Dikerahkan pada Apel Konsolidasi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Siaga Bencana, Semua Unsur Dikerahkan pada Apel Konsolidasi


PERIKSA PERALATAN. Pjs Bupati Belu, Zakarias Moruk dan unsur Forkopimda dan jajaran Pemkab Belu memeriksa peralatan pendukung siaga bencana usai apel konsolidasi di halaman kantor Bupati Belu, kemarin (11/11). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Siaga Bencana, Semua Unsur Dikerahkan pada Apel Konsolidasi


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu menggelar apel konsolidasi sebagai kesiapan menghadapi bencana alam di wilayah tersebut. Apel konsolidasi ini dipimpin langsung Pejabat sementara (Pjs) Bupati Belu, Zakarias Moruk, bertempat di halaman Kantor Bupati Belu, Rabu (11/11).

Peserta apel terdiri dari personil Polres Belu, Brimob Subden 2 Den A Peleopor Belu, Kodim 1605 Belu, Yonif RK 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744. SYB, Subden POM IX Udayana Belu, Sat Pol Airud Polres Belu, Pos AL Atapupu, Sat Pol PP Belu, BPBD Belu serta relawan sosial/Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Hadir dalam apel konsolidasi Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol Inf Alfat Denny Andrian, Penjabat Sekda Belu Frans Manafe, Kepala Dinas Sosial Belu, Sabina Mau Taek, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Belu, Balthasar Bouk.

Dalam sambutannya Pjs. Bupati Belu Zakarias Moruk mengatakan apel konsolidasi bertujuan agar seluruh unsur terkait, bersinergi, dan terintegrasi secara baik dalam mengantisipasi kejadian bencana di wilayah Kabupaten Belu.

“Pemerintah Kabupaten Belu dan jajaran Forkompinda menyambut baik apel siaga bencana ini sehingga Tim Siaga Bencana akan terintegrasi,” tegasnya.

Dikatakan semua unsur memiliki peranan penting untuk meningkatkan peran, partisipasi, dan eksistensi dalam menghadapi setiap kejadian bencana.

Zakarias mengatakan, dalam satu tim siaga bencana yang dibentuk untuk menghadapi kondisi bencana alam itu melibatkan berbagai unsur. Ini menandakan bahwa semua sudah siaga menghadapi bencana apapun di Kabupaten Belu.

“Untuk itu, diharapkan agar kita semua tetap siap dalam menghadapi kondisi bencana alam. Yang setiap saat ada dan selalu hadir dalam kondisi yang tidak kita siap hadapi,” tandasnya.

Zakarias mengharapkan dukungan dari semua pihak, TNI-Polri, Dinas Sosial, Kesbangpol, BPBD, Pemadam Kebakaran (Damkar), tim medis, Sat Pol PP dan unsur terkait lainnya agar selalu siap mengantisipasi kondisi dan bencana alam di Belu.

“Mohon dukungan dari seluruh unsur agar selalu bersinegri agar kita siap menghadapi dalam kondisi apapun. Seluruh unsur terkait menyatukan tekad agar kita siap selalu menghadapi bencana,” pintanya.

Zakarian juga berharap agar seluruh masyarakat Malaka turut mengambil bagian dalam mengantisipasi dan menghadapi bencana alam yang setiap saat selalu hadir dalam kondisi yang tidak diharapkan.

“Penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana merupakan tanggung jawab semua pihak. Untuk itu saya berharap dukungan dari seluruh unsur dan juga masyarakat. Kita bersinergi untuk menghadapi bencana dalam kondisi apapun,” harapnya.

Apel Konsolidasi Kesiapan menghadapi bencana alam ini diakhiri dengan pemeriksaan pasukan, pemeriksaan kesiapan kondisi kendaraan dinas, dan sarana penunjang tugas di lapangan. Misalnya mobil water canon Polres Belu, mobil tambora, truck patroli sabhara, mobil patwal lantas, mobil patroli TNI, truk Satgas Pamtas RI-RDTL, truk BPBD, Sepeda Motor Lantas, Sepeda Motor Patroli, dan kendaraan dinas lainya. (mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top