Debat Publik Pilkada Manggarai: Paslon DM Serukan Lanjutkan, H2N Bilang Perubahan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Debat Publik Pilkada Manggarai: Paslon DM Serukan Lanjutkan, H2N Bilang Perubahan


Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono, Ketua Bawaslu Manggarai Marselina, Ketua KPU NTT Thomas Dohu, diapit kedua paslon pose bersama usai debat, Sabtu (14/11). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

POLITIK

Debat Publik Pilkada Manggarai: Paslon DM Serukan Lanjutkan, H2N Bilang Perubahan


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Pilkada memasuki tahap akhir. Mendekati pencoblosan pada 9 Desember 2020, KPU Manggarai menggelar debat publik antar pasangan calon (paslon), Sabtu (14/11). Debat digelar agar kandidat menyebarluaskan program, visi, dan misi kepada publik.

Debat paslon ini menghadirkan pasangan Bupati-Wakil Bupati Manggarai, Deno Kamelus-Viktor Madur (Paket DM) sebagai paslon nomor urut 1, dan Herimy Nabit-Heri Ngabut (Paket H2N) sebagai paslon nomor urut 2.

Debat yang berlangsung di aula MCC Ruteng, Kelurahan Mabu Muku, Kecamatan Langke Rembong itu dipandu moderator Yonahes Jimmy Nami. Hadir Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono, Ketua KPU NTT, Thomas Dohu, anggota KPU Manggarai dan komisioner Bawaslu Manggarai.

KPU membatasi jumlah tim pemenangan dari masing-masing paslon, yakni masing-masing hanya empat orang. Sebelum debat dimulai, sempat terjadi insiden kecil melibatkan para wartawan dan pihak KPU.

Itu terjadi karena pihak KPU melarang para wartawan untuk meliput jalannya debat tersebut. Para wartawan protes dan ngotot, serta menanyakan dasar pelarangan itu. Melihat itu salah satu anggota KPU, Santi, mempersilakan wartawan untuk meliput kegiatan debat, dan menyampaikan permohonan maaf kepada wartawan.

Tampak di luar gedung MCC, masing-masing pendukung dari dua paslon berteriak memberikan dukungan. Namun terikan mereka tidak mengganggu konsentrasi kedua paslon. Antar pendukung juga dapat mengendalikan diri sehingga kegiatan debat itu berjalan cukup kondusif.

Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono, dalam kesempatan itu menjelaskan secara umum debat terbuka mempunyai tiga tujuan utama, yakni menyebarluaskan program, visi, dan misi paslon kepada pemilih dan masyarakat Manggarai.

Menurut Hartono, debat menjadi alat ukur rasional bagi masyarakat untuk bisa membandingkan visi-misi kedua paslon. Selain itu tujuanya, untuk memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihannya.

Debat publik itu, lanjut Hartono, juga bertujuan sebagai wadah edukasi dan pendidikan politik demokrasi kepada warga negara, dimana masyarakat diajak berpartisipasi dalam mengawal agenda dan program Bupati-Wakil Bupati terpilih kedepannya. Teman yang diusung dalam debat itu, yakni “Pemerintahan Berkualitas Menuju Manggarai Sehat dan Berbudaya.”

“Tema ini pada prinsipnya merepresentasi harapan semua kalangan masyarakat Manggarai untuk mendambakan model pemerintahan yang berkualitas. Di dalamnya terdapat prinsip profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, pelayanan prima, demokrasi, efisiensi, efektivitas, supremasi hukum, dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat Manggarai,” ujar Hartono.

Harapannya, dengan tema besar yang dipilih, dalam waktu efektif tersisa tiga Minggu menuju pencoblosan, masyarakat kemudian bisa membandingkan dan melakukan evaluasi berdasarkan penilaian rasional di antara visi-misi kedua paslon yang tersampaikan dalam debat.

Dalam debat itu misalnya, calon Bupati dari paslon H2N, Hery Nabit, menyatakan, pilihan ada pada masyarakat Manggarai. Apa itu memilih yang jelas-jelas sudah mengingkari janji-janji masa lalu, atau yang mau membawa perubahan. Dimana track record, tidak bisa dipungkiri. Sehingga menurut dia, Manggarai sedang berada di pintu menuju perubahan.

“Mari bersama-sama menjemput masa depan yang lebih cerah, dengan generasi baru. Politik Manggarai pilih nomor 2, yakni H2N, dari jalan menuju perubahan. Yang dipertaruhkan pada sebuah konsep antara janji dan kenyataan harus ditepati, harus komitmen, dan konsekuen,” tandas Heri

Sementara calon Bupati paslon nomor 1, Deno Kamelus dalam debat itu mengajak seluruh masyarakat Manggarai agar pada 9 Desember 2020 mendatang, datang ke TPS dan memilih paket nomor 1.

Menurut Deno, hal ini karena paslon DM telah berkontribusi memajukan Manggarai. Dimana yang lain boleh bicara janji, tapi paket DM sudah terbukti berbuat.

“Paket DM ini sudah terbukti dan teruji dengan memimpin Manggarai 5 tahun lalu. Sekarang dimana-mana ada perubahan. Yang lain bicara akan dan janji-janji, tapi Manggarai sudah maju. Supaya lebih maju lagi, mari kita bersama untuk lanjutkan dengan pilih DM paket nomor 1,” pinta Deno. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top