Klinik Hewan Undana Resmi Hadir di NTT, Ini Pesan Rektor | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Klinik Hewan Undana Resmi Hadir di NTT, Ini Pesan Rektor


BERSAMA. Rektor Undana, Prof. Fredrik Benu (kelima kanan) pose bersama jajarannya dan para tamu undangan dalam acara peresmian gedung Klinik Hewan Undana, Jumat (13/11). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

PENDIDIKAN

Klinik Hewan Undana Resmi Hadir di NTT, Ini Pesan Rektor


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Prof. Ir. Fredrik L. Benu, MS., Ph.D memimpin langsung peresmian gedung Klinik Hewan Undana, di Kelurahan Naikoten I, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Jumat (13/11).

Gedung Klinik Hewan yang dibangun dengan konstruksi tiga lantai disertai sarana-prasarana pendukung siap beroperasi di Bumi Flobamorata, khususnya Kota Kupang.

Rektor Undana, Prof. Fredrik Benu, dalam sambutannya berpesan agar klinik hewan ini tidak hanya mendukung pembelajaran Fakultas Kedokteran Hewan semata, tetapi Undana punya kewajiban untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan bagi masyarakat.

“Klinik hewan ini bentuk tanggungjawab moril Undana dalam memberikan pelayanan kesehatan hewan bagi masyarakat,” tegasnya.

Undana juga sudah beralih menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Oleh sebab itu keberadaan klinik hewan ini juga memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian ada kontribusi yang didapat dari gedung ini yang diperuntukkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc, mengatakan, Klinik Hewan Undana yang resmi hadir di Kota Kupang ini merupakan salah satu unit pelayanan kesehatan hewan di NTT. Ini merupakan salah persyaratan untuk menunjang pendidikan mencetak dokter hewan.

“Klinik Hewan ini hadir merupakan komitmen Universitas dan dukungan Rektor Undana,” ungkapnya.

Maxs mengatakan, dengan hadirnya klinik hewan ini, pihaknya menargetkan tahun depan fasilitas ini ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Hewan (RSH).

Diakui, selama ini untuk pelaksanaan praktik dokter hewan Undana, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah klinik swasta yang ada di Kota Kupang serta bekerjasama dengan klinik yang ada di Bali dan Jawa.

“Dengan adanya klinik yang kita punya maka mahasiswa kedokteran hewan Undana yang ingin praktik tidak lagi pergi ke daerah luar seperti di Bali dan Jawa dengan mengeluarkan biaya tambahan karena harus praktik di luar daerah. Sekarang sudah bisa praktik di Klinik Hewan Undana,” ungkapnya.

Kehadiran klinik hewan ini merupakan komitmen Undana bukan hanya soal pendidikan tetapi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita akan menerima pasien baik itu anjing, kucing, dan lainnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hewan secara menyeleruh. Artinya tidak hanya kebutuhan pendidikan semata melainkan pelayanan kepada masyarakat,” sebut Maxs yang juga selaku Plt Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Undana.

Dijelaskan, klinik hewan ini telah dilengkapi beberapa sarana prasarana pendukung baik itu laboratorium dan lainnya.

Klinik hewan ini dibangun dengan konstruksi tiga lantai. Lantai tiga adalah aula dengan daya tampung mencapai 300- 400 orang. Sementara lantai dua dan lantai satu terdapat berbagai ruangan, termasuk rawat inap hewan dan lainnya. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

Populer

To Top