Bagi Pengelola Dana Covid-19 di TTU, Ingat Imbauan APK Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bagi Pengelola Dana Covid-19 di TTU, Ingat Imbauan APK Ini


Kapolres TTU, AKBP Nelson Felipe Dias Quintas. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Bagi Pengelola Dana Covid-19 di TTU, Ingat Imbauan APK Ini


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Aparat Penegak Hukum (APH) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) baik itu Kejaksaan Negeri (Kejari) maupun aparat kepolisian mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTU untuk menggunakan dana Covid-19 secara jelas dan akuntabel.

Pasalnya, jika ada oknum yang menyalagunakan dana Covid-19 tersebut, maka baik pihak Kejari maupun Polres TTU tidak akan mentolerir. Dua lembaga penegak hukum ini berjanji akan memproses hukum siapa saja yang menyalahgunakan dana Covid-19 sesuai aturan yang berlaku dan dikenakan unsur pemberatan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) TTU, Bambang Sunardi kepada Timor Express, Kamis (12/11) mengatakan, sampai saat ini, pihaknya belum mendapat pengaduan dari masyarakat terkait dengan dugaan penyalahgunaan dana Covid-19.

Meskipun belum ada laporan masyarakat, jika suatu saat ada warga mengadu penyalahgunaan dana Covid-19, maka pihaknya tidak akan segan-segan menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan kepada pengguna dana Covid-19 tersebut.

“Masalah aduan penggunaan dana Covid-19 belum ada sampai sekarang. Tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat kalau memang ada pasti kami tindaklanjuti,” tegasnya.

Bambang mengatakan, meski dalam menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut ada beberapa pertimbangan pimpinan, tetapi pihaknya tetap melakukan proses penyelidikan.

Bambang mengimbau kepada pengelola dana Covid-19, supaya dapat mengelola atau menggunakan dana itu dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab karena ada unsur pemberatan jika ada oknum yang menyalahgunakan dana Covid-19.

“Karena itu kebijakan dari pimpinan supaya tidak menolerir para pelaku dan dituntut setinggi-tingginya jika ada oknum yang menyalahgunakan dana Covid-19,” tandasnya.

Bambang mengatakan, unsur pemberatan yang nantinya dikenakan kepada oknum yang menyalagunakan dana Covid-19 tersebut merupakan instruksi dari pimpinan.

“Jadi tolong pergunakan dana Covid-19 itu dengan sebaik-baiknya sehingga nanti tidak menimbulkan masalah baru,” tegasnya sekali lagi.

Terpisah, Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas mengatakan pihaknya belum menerima laporan terkait dengan penyalahgunaan dana Covid-19 dari masyarakat di daerah setempat.

Pasalnya, sampai saat ini Pemkab TTU masih menggunakan dana tersebut untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di TTU.

“Belum, kita belum terima pengaduan dari masyarakat. Kan penggunaan dana Covid-19 itu kan belum selesai. Sekarang masih berjalan di lapangan,” ujarnya.

Nelson mengungkapkan, jika nantinya pemerintah sudah selesai menggunakan dana Covid-19, pihaknya baru bisa melakukan penyelidikan apabila ada laporan dari masyarakat.

Selain itu juga, katanya, apabila terdapat temuan langsung oleh penyidik di lapangan pun bisa dilakukan penyelidikan awal guna menguji kemanfaatan dari dana tersebut untuk penanganan Covid-19.

“Intinya kalau penggunaan dana Covid-19 masih berjalan, kita belum bisa melakukan penyelidikan, tapi kalau sudah selesai baru bisa lakukan penyelidikan,” ungkapnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top