Jenderal Idham Azis Terbitkan 9 Telegram, Ada Pergantian Jabatan Strategis | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jenderal Idham Azis Terbitkan 9 Telegram, Ada Pergantian Jabatan Strategis


Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis. (FOTO: Ricardo/JPNN.com)

NASIONAL

Jenderal Idham Azis Terbitkan 9 Telegram, Ada Pergantian Jabatan Strategis


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan mutasi besar-besaran di jajaran perwira menengah dan perwira tinggi di sejumlah wilayah.

Perombakan jabatan di antaranya terjadi di Polda Metro Jaya dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Perombakan besar-besaran dilakukan Jenderal Idham Azis yang tak lama lagi memasuki masa pensiun sebagai Kapolri pada Januari 2021 nanti.

Ada sembilan surat telegram dikeluarkan Jenderal Idham, yakni ST/3228/XI/KEP./2020, ST/3229/XI/KEP./2020, ST/3230/XI/KEP./2020, ST/3231/XI/KEP./2020, ST/3232/XI/KEP./2020, ST/3233/XI/KEP./2020, ST/3234/XI/KEP./2020, ST/3235/XI/KEP./2020, ST/3236/XI/KEP./2020. Semuanya tertanggal 16 November 2020 dan ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri.

Dalam telegram itu, posisi Kapolres Metro Jakarta Selatan bakal dijabat Kombes Aziz Andriansyah. Dia menggantikan Kombes Budi Sartono karena dipindahkan ke Anjak Madya Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri dalam rangka Dikreg XLVIII Sesko. Kemudian, Kapolres Metro Jakarta Barat akan dijabat Kombes Ady Wibowo menggantikan Kombes Audie Latuheru yang akan digeser sebagai Dikreg XLVIII Sesko.

Selanjutnya, Kapolres Metro Bekasi akan diisi oleh Kombes Aloysius Suprijadi menggantikan posisi dari Kombes Wijanarko. Berikutnya Kapolres Metro Depok juga mengalami rotasi. Posisi itu diisi Kombes Imran Edwin Siregar. Kombes Hendri Fiuser yang saat ini menjabat Kapolresta Bogor akan digantikan oleh Kombes Susatyo Purnomo Condro. Kombes Susatyo sebelumnya menjabat Direktur Narkoba Polda Banten.

Dari gerbong mutasi itu, Idham juga mengganti posisi Kepala Biro Pengawasan Penyidikan (Karowassidik) Bareskrim Polri. Karowassidik yang tadinya dijabat oleh Brigjen Roycke Harry Langie digantikan oleh Brigjen Iwan Kurniawan.

BACA JUGA: Imbas Kerumunan Massa Habib Rizieq, Kapolri Copot 2 Kapolda

Roycke diangkat menjadi Wakapolda Bali. Kemudian, posisi Kepala Biro Pembinaan Karier (Karobinkar) SSDM Polri yang tadinya diisi oleh Brigjen Suwondo Nainggolan, digantikan oleh Kombes Bariza Sulfi.

Kombes Bariza Sulfi sendiri sebelumnya menjabat Kabagmutjab Robinkar SSDM Polri. Sedangkan, Suwono dirotasi menjadi Kakorbinmas Baharkam Polri.

Posisi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri juga mengalami perubahan. Jabatan strategis itu akan diisi oleh Brigjen Andi Rian R. Djajadi yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri.

Sementara, Brigjen Ferdy Sambo yang saat ini menjabat Dir Tipidum Bareskrim Polri dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri. Dalam telegram itu juga terdapat nama seperti Komjen Antam Novambar, Irjen Immanuel Larosa, Irjen Raja Erizman, Irjen Djoko Mulyono, dan para pati lain yang dimutasi menjadi pati Polri karena persiapan pensiun.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, rotasi dan mutasi jabatan di internal Polri adalah hal yang lumrah terjadi. “Ini adalah hal biasa, sebagai penyegaran organisasi, baik tour of duty maupun tour of area,” kata Awi saat dikonfirmasi, Selasa (17/11). (cuy/jpnn)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

Populer

To Top