Kades Tautpah Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kades Tautpah Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa


Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Sujud Alif Yulamlam. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Kades Tautpah Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim Satreskrim Polres TTU akhirnya menetapkan status tersangka terhadap Kepala Desa (Kades) Tautpah, Kecamatan Biboki Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Aloysius Usboko. Aloysius menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyelewengan pengelolaan dana desa di wilayah itu selama lima tahun anggara berturut-turut. Terhitung sejak tahun 2015, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Penetapan status tersangka oleh Tim Penyidik Satreskrim Polres TTU lantaran oknum Kades Aloysius dinilai menyelewengkan dana desa selama lima tahun kepemimpinannya. Salah satu bukti dugaan penyelewengan itu adalah adanya fisik bangunan yang dibangun sejak tahun anggaran 2015 hingga kini belum rampung pekerjaannya.

Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Sujud Alif Yulamlam ketika dikonfirmasi Timor Express, Selasa (17/11) mengatakan, sebelum ditetapkan sebagai tersangka, tim penyidik mendatangkan tim ahli dari Politeknik Negeri Kupang (PNK) guna melakukan perhitungan kerugian negara yang timbul dari terbangkalainya sejumlah item proyek yang dibiayai melalui dana desa.

AKP Sujud menyebutkan, sejumlah item kegiatan yang akan diuji sampel oleh tim ahli PNK tersebut diantaranya bangunan jalan, bangunan gedung, bangunan MCK, rumah layak huni, lapangan volly, dan gedung Bumdes. Item lainnya, lanjut Sujud, yakni rehab gedung PAUD, rehab gedung Posyadu, gedung mol padi, dan juga sejumlah kegiatan fisik lainnya.

“Hasil audit dari Tim Ahli PNK itu terbukti adanya kerugian negara maka penyidik tetapkan Kepala Desa selaku kuasa pengguna anggaran sebagai rersangka,” jelas Sujud.

BACA JUGA: Polisi Datangkan Tim Ahli PNK, Hitung Kerugian Pengengelolaan DD Tautpah

Sujud menambahkan, tim penyidik masih melakukan pendalaman terhadap para oknum yang diduga memiliki keterlibatan dalam pengelolaan dana desa di Desa Tautpah yang mengakibatkan adanya kerugian negara tersebut.

Untuk itu, lanjut Sujud, Tim Penyidik telah menjadwalkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap para saksi terutama pihak kontraktor yang terlibat dalam pengerjaan sejumlah item kegiatan yang dibiayai melalui Dana Desa Tautpah.

“Yang pasti tersangka bisa lebih dari satu. Ini kan baru kepala desa, sementara pihak ketiga belum diperiksa. Kita sudah jadwalkan untuk panggil mereka (Saksi, Red),” kata Sujud.

Terkait keberadaan tersangka, Sujud menyebutkan, setelah ditetapkan sebagai tersangka, tim penyidik Satreskrim langsung mengamankan oknum Kades di Sel Tahanan Mapolres TTU.

Tim penyidik, lanjut Sujud, sementara merampungkan berkas perkara untuk dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari TTU guna ditindaklanjuti secara hukum.

“Kepala Desa yang ditetapkan sebagai tersangka sudah kita tahan. Tim Penyidik sementara siapkan berkas untuk dilimpahkan ke JPU,” katanya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

Populer

To Top