KPU Siapan Logistik Pilkada Malaka, Makarius: Surat Suara dalam Proses Pengiriman | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU Siapan Logistik Pilkada Malaka, Makarius: Surat Suara dalam Proses Pengiriman


LOGISTIK. Inilah kotak-kotak suara yang disiapkan KPU untuk digunakan pada Pilkada Malaka tanggal 9 Desember 2020 nanti. (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

POLITIK

KPU Siapan Logistik Pilkada Malaka, Makarius: Surat Suara dalam Proses Pengiriman


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka tengah mempersiapkan logistik untuk kepentingan pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak yang dihubungi melalui ponselnya, Selasa (17/11) mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan logistik untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada Malaka. Baik itu kotak suara, surat suara dan logistik lainnya. “Kalau untuk kotak suara sudah ada, sedangkan surat suara masih dalam proses cetak. Dalam minggu ini akan didistribusikan dari perusahaan ke KPU Malaka,” ungkap Makarius.

Sementara itu, Penanggungjawab Bidang Logistik, Albert Japo Ole kepada Timor Express, Selasa (17/11) menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan kelengkapan logistik seperti kotak suara, tinta, dan segel. Kelengkapan ini sudah ada di kantor KPU Malaka.

“Kotak surat suara, tinta dan segel sudah ada, sedangkan surat suara yang sedang dalam proses pengiriman dari Surabaya,” ungkap Albert.

Albert menyebutkan, saat ini kotak suara yang tersedia sebanyak 407 kotak. Setelah melalui proses sortir, hanya satu yang rusak sehingga yang siap pakai ada 406 kotak. “Untuk kotak suara yang rusak itu sementara dalam proses pengadaan untuk disalurkan ke 12 PPK pada 395 TPS,” katanya.

Albert menyebutkan, mengenai pengiriman kotak suara, sesuai jadwal hari ini (17/11) dikirim dari Surabaya, Jawa Timur, diharapkan tiba di Malaka dalam minggu ini. “Sesuai rencana hari ini (17/11) kirim (Surat suara, Red) dari Surabaya. Diperkirakan dalam waktu lima hari sudah bisa tiba di Malaka,” kata Albert.

Albert mengatakan, jumlah pemilih dalam DPT Pilkada Malaka sebanyak 115.304 pemilih. Dengan demikian, surat suara yang dicetak disesuaikan dengan jumlah pemilih ditambah 2,5 persen, sehingga total keseluruhan surat suara yang dicetak sebanyak 118.363 lembar. “Penambahan 2,5 persen sesuai ketentuan adalah untuk antisipasi surat suara yang rusak. Sedangkan persiapan untuk pemilihan suara ulang (PSU), disiapkan 2.000 lembar surat suara,” beber Albert.

Terkait penerapan protokol kesehatan saat pencoblosan nanti, Albert menambahkan bahwa pihaknya juga mengadakan alat pelindung diri (APD), pelindung wajah (face shield), marker medis, tisu, hand sanitizer, kantong plastik, disinfektan, semprotan, ember, thermo gun. “Ini pengadaan tahap kedua dimana ditargetkan pada 22 November harus sudah ada,” terangnya. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Populer

To Top