Atasi Kekeringan, Kodim 1618/TTU Salurkan 60.000 Liter Air Bersih | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Atasi Kekeringan, Kodim 1618/TTU Salurkan 60.000 Liter Air Bersih


DISTRIBUSI AIR BERSIH. Prajurit TNI dari Koramil 1618-06 Biboki Anleu saat menyalurkan bantuan air bersih bagi Masyarakat di Kecamatan Biboki Anleu. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Atasi Kekeringan, Kodim 1618/TTU Salurkan 60.000 Liter Air Bersih


Bagi Warga Desa Ponu, Kecamatan Biboki Anleu

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Kodim 1618/TTU mewujudkan kepeduliannya dengan menyalurkan bantuan air besih secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Distribusi bantuan air bersih itu difokuskan kepada warga yang mengalami bencana kekeringan.

Kali ini, aksi sosial bantuan air bersih Kodim 1618/TTU menyasar warga di SP1 dan SP2, Desa Ponu, Kecamatan Biboki Anleu yang termasuk salah satu desa di TTU yang mengalami bencana kekeringan cukup parah.

Sesuai data yang dihimpun Timor Express, bantuan air bersih secara gratis dari Kodim 1618/TTU tersebut menyasar sebanyak 800 Kepala Keluarga (KK). Bantuan air bersih yang disalurkan tersebut sebanyak 12 tangki atau 60.000 liter.

Danramil 1618-06/Bian Lettu Inf I Wayan Seputra kepada Timor Express, Rabu (18/11) mengatakan, bantuan air bersih tersebut dilakukan lantaran daerah tersebut mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih.

Dikatakan, masalah kekeringan merupakan masalah tahunan bagi masyarakat Desa Ponu, Kecamatan Biboki Anleu yang hingga kini masih belum mampu diselesaikan secara baik oleh pemerintah daerah.

Untuk itu, lanjut Wayan, anggota Kodim 1618/TTU yang terdiri dari Danramil 1618-06/Bian, Lettu Inf I Wayan Seputra, Bati TUUD Koramil 1618-06/Bian, Pelda Christian Waangsir beserta para Babinsa Koramil 1618-06/Bian berinisiatif untuk menyalurkan air bersih secara gratis kepada masyarakat setempat.

“Desa Ponu ini merupakan daerah yang sering mengalami kekeringan setiap tahun yang menyebabkan krisis air bersih. Bahkan hampir seluruh wilayah desa di Kecamatan Biboki Anleu mengalami kekeringan,” ungkap Wayan.

BACA JUGA: Atasi Kekeringan, Kodim 1618/TTU Distribusi Air Bersih Bagi Warga

Wayan menambahkan, bantuan air secara gratis bagi masyarakat Desa Ponu tersebut untuk mengurangi beban masyarakat terhadap kekurangan air bersih mengingat bencana kekeringan yang dialami masyarakat.

Selain memberikan bantuan air bersih, kata Wayan, pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari sehingga upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di TTU dapat tercapai sesuai harapan.

“Kita mengajak masyarakat untuk memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, hindari keramaian serta tidak bepergian ke luar rumah kecuali ada urusan penting,” jelasnya.

Bantu Warga Oesena

Sebelumnya, pada Senin pekan lalu (9/11/2020), jajaran Kodim 1618/TTU juga mendistribusikan sebanyak 10.000 liter air bersih untuk masyarakat di Desa Oesena, Kecamatan Miomaffo Timur.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, kepada Timor Express mengatakan bahwa, pihaknya mendistribusikan 10.000 liter air kepada 32 kepala keluarga di desa Desa Oesena, setelah ia mendapat laporan Babinsa setempat bahwa sebagian warga di desa itu mengalami krisis air bersih.

“Karena masyarakat mengalami krisis air bersih, saya perintahkan kepada Pasiter untuk menyalurkan 10.000 liter air bersih,” ujarnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top