Pemkab TTU Siap Tunjuk Plt Jalankan Roda Pemerintahan Desa Tautpah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab TTU Siap Tunjuk Plt Jalankan Roda Pemerintahan Desa Tautpah


Plt. Sekda TTU, Fransiskus Tilis. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Pemkab TTU Siap Tunjuk Plt Jalankan Roda Pemerintahan Desa Tautpah


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) siap menunjuk pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Tautpah, Kecamatan Biboki Selatan guna menjalankan roda pemerintahan di desa tersebut.

Penunjukan pelaksana tugas tersebut lantaran oknum Kades Tautpah, Aloysius Usboko tersandung kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan Dana Desa di wilayah setempat. Bahkan Aloysius telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh tim penyidik Satreskrim Polres TTU.

Pelaksana tugas (Plt) Sekertaris Daerah (Sekda) TTU, Fransiskus Tilis kepada Timor Express, Rabu (18/11) mengatakan, pihaknya segera memerintahkan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian yang menangani kasus dugaan tindak pidana korupsi di Desa Tautpah.

Apabila oknum kades benar terbukti melakukan pelanggaran dan menyelewengkan dana desa dan ditetapkan tersangka maka Pemkab akan segera memproses penunjukan Plt agar roda pemerintahan di desa tersebut tidak mandek.

“Kita akan minta Kepala Dinas PMD untuk Berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan, dan apabila terbukti benar melakukan kesalahan maka akan segera ditunjuk Plt,” ungkap Fransiskus.

BACA JUGA: Kades Tautpah Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa

Fransiskus menambahkan, untuk penunjukan Plt. pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan guna merekomendasikan seorang staf di kecamatan agar diberikan SK sebagai Plt.

Namun, lanjut Fransiskus, apabila Sekertaris Desa (Sekdes) setempat berstatus sebagai ASN, maka Pemkab akan memberikan SK Plt kepada yang bersangkutan guna menjalankan roda pemerintahan.

“Kalau Sekdesnya ASN maka kita akan berikan SK Plt kepada yang bersangkutan. Tapi kalau Sekdes bukan ASN maka akan kita tunjuk staf dari kecamatan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Sujud Alif Yulamlam ketika dikonfirmasi Timor Express, Selasa (17/11) mengatakan, pihaknya telah menetapkan status tersangka terhadap Kades Tautpah, Aloysius Usboko dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan dana desa di wilayah yang ia pimpin selama lima tahun anggaran berturut-turut.

Dikatakan, sebelum menetapkan tersangka, Tim Penyidik Satreskrim Polres TTU mendatangkan tim ahli dari Politeknik Negeri Kupang (PNK) guna melakukan perhitungan kerugian negara yang timbul dari terbangkalainya sejumlah item proyek yang dibiayai melalui dana desa.

Adapun sejumlah item kegiatan yang akan diuji sampel oleh tim ahli PNK tersebut diantaranya bangunan jalan, bangunan gedung, MCK, rumah layak huni, lapangan volly, gedung Bumdes, dan Rehab Gedung PAUD. Selain itu ada rehab gedung Posyandu, gedung mol padi, dan juga sejumlah kegiatan fisik lainnya.

“Hasil audit dari Tim Ahli PNK itu terbukti adanya kerugian negara maka penyidik tetapkan Kepala Desa selaku kuasa pengguna anggaran sebagai tersangka,” kata Sujud. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top