RS di Kota Kupang Over Kapasitas Tampung Pasien Covid-19, Ratusan Pasien Terpaksa Jalani Isolasi Mandiri | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

RS di Kota Kupang Over Kapasitas Tampung Pasien Covid-19, Ratusan Pasien Terpaksa Jalani Isolasi Mandiri


ILUSTRASI. Perawatan pasien Covid-19. (Chis/Jawa Pos)

KABAR FLOBAMORATA

RS di Kota Kupang Over Kapasitas Tampung Pasien Covid-19, Ratusan Pasien Terpaksa Jalani Isolasi Mandiri


Tambah Lagi 13 Kasus Positif Korona, 21 Pasien Dinyatakan Sembuh

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Terus meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kota Kupang tak sebanding dengan daya tampung sejumlah rumah sakit di wilayah ini.

Bagaimana tidak, RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang sebagai rumah sakit rujukan beserta empat rumah sakit penyangga lainnya, seperti RSUD SK. Lerik, RSU Siloam, Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti Kupang, dan RS Leona beberapa hari belakangan kewalahan menampung pasien terkonfirmasi Covid-19 yang setiap hari terus bertambah.

Berdasarkan data yang dihimpun media ini dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT menyebutkan bahwa total pasien positif Covid-19 yang saat ini menjalani perawatan intensif di sejumlah rumah sakit di Kota Kupang mencapai 64 orang dari total 174 pasien terkonfirmasi positif.

Jumlah penderita Covid-19 ini tidak sebanding dengan ruang isolasi yang ada pada kelima rumah sakit tersebut sehingga sebagian pasien terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing sambil terus mendapat pengawasan intensif dari petugas kesehatan.

“Total pasien Covid 19 saat ini khusus Kota Kupang sebanyak 174 orang. Dari jumlah itu, sesuai laporan yang kami terima sampai hari ini (19/11/2020), hanya 64 orang yang menjalani isolasi dan perawatan medis di beberapa rumah sakit yang disiapkan pemerintah untuk menangani pasien Covid-19. Sedangkan 110 pasien lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing karena keterbatasan ruang pada RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes dan empat rumah sakit penyangga lainnya di Kota Kupang,” jelas Kabid P2P Dinas Kesehatan NTT, Erlina Rm Salmun saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (19/11) siang.

Selain Kota Kupang, Erlina menyebutkan bahwa penambahan jumlah pasien Covid-19 juga mengalami peningkatan disejumlah kabupaten di NTT.

“Jumlah kasus baru Covid-19 per 18 November 2020 di NTT sebanyak 19 orang. Untuk Kota Kupang 9 orang, Kabupaten Sumba Barat 6 orang, Sumba Barat Daya 1 orang, Kabupaten Malaka 1 orang, dan Kabupaten Flores Timur 2 orang. Umumnya akibat transmisi lokal,” terang Erlina.

Erlina menambahkan, hari ini Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang memeriksa sebanyak 188 spesimen swab dari tujuh kabupaten/kota. Rinciannya, Kota Kupang (69 spesimen), Flotim (22 spesimen), Sumba Barat (21), Nagekeo (12), Kabupaten Kupang (8), Sumba Tengah (6), dan Malaka (3).

Tambah 13 Kasus Baru

Sementara itu, berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT yang dirilis Kamis (19/11) pukul 16.00 Wita menyebutkan, terjadi penambahan sebanyak 13 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di dua daerah, yakni Kota Kupang bertambah 1 kasus dengan penularan transmisi lokal, dan Kabupaten Lembata dengan 12 kasus baru juga penularan transmisi lokal.

Kabar baiknya, hari ini juga terdapat 21 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. Rinciannya Kota Kupang terdapat 15 pasien sembuh, Kabupaten Manggarai (1 pasien sembuh), Nagekeo (1 sembuh), Rote Ndao (2 sembuh), dan Kabupaten Sumba Tengah (2 pasien sembuh).

Dengan demikian, hingga hari ini total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 923 kasus, dimana yang masih dalam perawatan saat ini sebanyak 259 kasus, pasien sembuh 647 orang, dan meninggal sebanyak 17 orang. (ogi/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top